Aa Gym, Ustadz Kontroversial yang Tetap Ngehits

Jika kamu sering mendengarkan MQ FM Radio tentu tak asing dengan sosok Aa Gym. Ustadz bersahaja ini mampu menyampaikan keindahan Islam dari kalangan muda sampai kalangan tua serta dari kalangan sederhana sampai kalangan kaya raya.

Pondok Pesantren Darut Tauhid terus berkembang. Dompet Peduli Umat Darut Tauhid sudah menjangkau ke berbagai kota di Indonesia. Meskipun Aa Gym beberapa kali diterpa kabar kontroversial, namun kenyataannya Aa Gym masih ngehits sampai detik ini.

Sudah banyak berita tentang lika-liku perjalanan hidup telah beliau jalani. Berikut ini profil Aa Gym secara singkat yang dapat menginspirasimu.

Latar Belakang Keluarga

blogaagym.blogspot.com

Nama lengkap dari Aa Gym adalah Yan Gymnastiar. Beliau lahir pada 29 Januari 1962. Beliau adalah putra tertua dari 4 bersaudara. Ayahnya adalah seorang purnawirawan TNI AD bernama letnan kolonel H Engkus Kuswara. Ibunya Hj Yeti Rohayati.

Aa Gym lahir di keluarga berbasis militer yang sangat kental religius dan disiplin. Meskipun sebenarnya pendidikan agama yang ditanamkan keluarganya tak jauh berbeda dengan keluarga biasa lainnya.

Sejak kecil Aa Gym terbiasa dengan pola hidup disiplin dan demokratis. Hal inilah yang membentuk sosok Aa Gym saat sudah dewasa dan mampu membawa pengaruh kebaikan kepada banyak orang.

Riwayat Pendidikan

www.sebulanhafalquran.com

Aa Gym mengawali jenjang akademisnya di SD Sukarasa III Bandung, SMP 12 Bandung, dan SMA 5 Bandung. Sejak SD prestasi akademik Aa Gym cukup menonjol.

Beliau pernah menduduki peringkat kedua di SD dan selisih dengan peringkat pertama hanya 1 angka.

Aa Gym kemudian mengambil program kuliah selama 1 tahun di Pendidikan Ahli Administrasi Perusahaan (PAAP) Unpad. Selanjutnya melanjutkan di Akademi Teknik Jenderal Ahmad Yani sampai Sarjana Muda bergelar Bachelor of Electrical Engineering.

Karir akademis di kampus juga cukup gemilang. Beliau pernah mewakili kampusnya dalam ajang pemilihan mahasiswa teladan.

Mimpi yang Aneh

www.brilio.net

Pada suatu waktu hampir satu keluarga Aa Gym bergiliran bermimpi bertemu Rasulullah. Awalnya ibunya bermimpi bertemu Rasulullah yang mencari seseorang.

Hari berikutnya adiknya bermimpi Rasulullah datang kerumah mereka. Dalam mimpi itu ayahnya menyuruh Aa Gym untuk menamani Rasulullah. Ternyata Rasulullah meminta Aa Gym untuk menyeru orang-orang mendirikan sholat.

Beberapa malam kemudian Aa Gym memimpikan hal yang sama. Aa Gym bermimpi sholat berjama’ah bersama Rasulullah sebagai imam. Aa Gym menjadi makmum bersama Abu Bakar, Umar bin Khatab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.

Mimpi itu membuat Aa Gym nyaris gila. Aa Gym bersikap aneh seperti tiba-tiba menangis saat ada orang menyebut nama Allah. Selain itu beliau juga jengkel jika pagi sudah datang lantaran ia masih asyik bermunajat dalam sholat tahajud.

Orang tuanya bahkan menyuruhnya mendatangi psikiater. Beliau kemudian bertemu dengan 4 ulama yang menjadi guru spiritualnya. Ulama pertama sudah sepuh dan mengatakan Aa Gym telah diberi karunia tanazzul oleh Allah.

Ulama kedua adalah KH Khoer Affandi yang merupakan ahli tasawwuf pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Huda, Tasik Malaya. Ulama ketiga dan keempat adalah kakek dan ayah dari Ninih Muthma’innah yang menjadi istrinya.

Mendirikan Darut Tauhid

azkia-04.blogspot.com

Aa Gym bersama teman-temannya mendirikan Keluarga Mahasiswa Islam Wiraswasta (KMIW) yang memproduksi stiker, kaos, gantungan kunci, dan alat-alat tulis yang bertema keindahan Islam.

Tahun 1990 KMIW mendirikan Darut Tauhid di rumah orang tua Aa Gym. Darut Tauhid inilah cikal bakal berdirinya yayasan, pondok pesantren, TK, TPQ, radio, dan lain sebagainya sampai saat ini.

Kontroversial

newsplg.blogspot.com

Polemik Aa Gym yang pertama adalah keterlibatannya dalam iklan layanan masyarakat yang mengajak bersabar menghadapi kenaikan harga BBM. Masyarakat menganggap Aa Gym mendukung kenaikan harga BBM.

Kemudian Aa Gym diprotes oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Perhimpunan Pelajar Islam (PPI).

Polemik kedua yang menurunkan popularitas Aa Gym dengan drastis adalah pernikahan kedua Aa Gym dengan seorang janda yang juga mantan model pada tahun 2006.

Aa Gym beralasan bahwa pernikahan kedua terpaksa dilakukan karena darurat. Namun masyarakat tidak mempercayainya lantaran istri kedua Aa Gym masih muda dan cantik.

Sampai pada Desember 2007 Aa Gym diundang di acara Kick Andy setelah sekian lama tidak muncul di televisi.

Tinggalkan komentar