4 Adab Menuntut Ilmu Menurut Habib Zain bin Ibrahim

Islam mewajibkan pemeluknya untuk senantiasa menuntut ilmu, terlebih ilmu agama yang notabene dapat menyelamatkannya di akhirat. Bahkan Allah menjanjikan surga bagi orang yang mau menuntut ilmu, seperti yang disebutkan dalam hadits Nabi yang datang dari jalur riwayat Abu Hurairah berikut.

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًايَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا,سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقًا إِلَى الجَنَّةِ

“Barang siapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.” (H.R. Muslim)

Dengan balasan mencari ilmu yang begitu besar tersebut, tentu kita tidak boleh menganggap remeh ilmu dan para pengembannya. Kita harus mempunyai adab ketika berhadapan dengan pewaris Nabi atau ulama.

Untuk itu mari kita belajar adab menuntut ilmu menurut Habib Zain bin Ibrahim bin Sumait.

1. Bagi para penuntut ilmu, hendaknya menyucikan hatinya dari segala penyakit hati dan maksiat kepada Allah, karena ilmu adalah cahaya sedangkan cahaya Allah tidak mungkin diberikan kepada pada hambanya yang suka berbuat maksiat.

Sebelum menuntut ilmu bersihkan hati kita dari penyakit hati yang bisa menyebabkan hilangnya keberkahan ilmu. Sebagaimana nasehat Imam Nawawi dalam mukaddimah Syarh al-Muhadzdzab.

“Semestinya bagi seorang penuntut ilmu untuk menyucikan hatinya dari kotoran-kotoran sehingga ia layak menerima ilmu, menghafal dan mengamalkannya”.

adab menuntut ilmu
bluizzy.wordpress.com

2. Ikhlas karena Allah dalam mencari ilmu. Hal ini akan mempengaruhi apakah kita akan dimudahkan jalan menuju surga, seperti yang disebutkan dalam hadits di atas. Karena menuntut ilmu merupakan bentuk ibadah kepada Allah dan Allah tidak menerima ibadah seserang kecuali bila ia ikhlas.

3. Mengambil faedah dan manfaat dimana saja ia berada. Setiap kejadian yang dialami penuntut ilmu hendaknya diambil hikmah dan faedahnya. Ia mesti jeli melihat, mengamati dan meraih manfaat dari setiap kejadian tersebut.

4. Bersikap sederhana dalam makan dan minum. Seorang penuntut ilmu hendaknya menjaga makan dan minumnya, jangan sampai makan terlalu kenyang bisa mematikan hati. Hal ini senada dengan nasehat yang disampaikan ulama bernama Sahnun.

“Ilmu tidak akan diperoleh bagi orang yang makan hingga kekenyangan”.

Demikian adab-adab menuntut ilmu menurut Habib Zain bin Ibrahim. Semoga bisa kita realisasikan dalam kehidupan kita.

Tinggalkan komentar