3 Adab Tidur yang Sering Diabaikan Seorang Muslim

Bicara adab berarti membahas tentang perilaku/tata cara hidup/gaya hidup seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Namun ada salah satu adab yang diabaikan oleh seorang muslim saat tidur. Padahal tidur merupakan cara kita untuk mengistirahatkan badan yang sudah seharian digunakan.

Umat muslim dalam mempelajari adab tidak terlepas dari apa-apa yang dicontohkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Bila kita mengikuti adabnya, maka Insya Allah tidur kita dinilai ibadah. Apabila tidur kita dinilai ibadah, coba bayangkan berapa banyak pahala yang kita dapatkan seumur hidup dari tidur kita?

Tetapi ada 3 perilaku yang diabaikan oleh umat islam saat tidur. Apa sajakah itu? Yuk kita simak.

Tidur Dalam Keadaan Telungkup/Tengkurap

Tidur Telungkup
Tidak dibenarkan telungkup dengan posisi perut sebagai tumpuannya baik ketika tidur malam ataupun tidur siang. Sebagaimana hadits:

إِنَّهَا ضَجْعَةٌ يَبْغَضُهَا اللهُ عَزَّ وَجَلَّ.

“Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai oleh Allah Azza wa Jalla.” (HR. Abu Dawud dengan sanad yang shahih.)

Membaca Ayat Kursi

alquranmutif.wordpress.com
alquranmutif.wordpress.com

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

“Allah, tidak ada ilah (yang berhak diibadahi) melainkan Dia, Yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya.

Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (Al-Baqarah/2: 255)

Mendahulukan Tidur di Sisi Sebelah Kanan

Tidur di Sebelah Kanan
http://img.medscape.com/

Hendaknya mendahulukan posisi tidur di atas sisi sebelah kanan (rusuk kanan sebagai tumpuan) dan berbantal dengan tangan kanan, tidak mengapa apabila setelahnya berubah posisinya di atas sisi kiri (rusuk kiri sebagai tumpuan). Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

اِضْطَجِعْ عَلَى شَقِّكَ اْلأَيْمَنِ.

“Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710)

Sudah selayaknya kita sebagai umat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam agar senantiasa memperhatikan semua adab ini. Karena jika saja kita abaikan tentu tidur kita yang tujuannya untuk menghilangkan letih malah menambah letih dan tidak sehat.

Tinggalkan komentar