7 Ritual Upacara Dalam Adat Istiadat Jawa

Indonesia dikenal mempunyai beragam suku dan budaya unik. Hal ini karena negara kita merupakan negara kepulauan. Jumlah kepuluana di Indonesia terbilang cukup fantantis, yaitu sebanyak 17.504 pulau yang terdiri dari 7.870 pulau yang bernama dan 9.634 pulau yang tak bernama.

Dari puluhan ribu pulau yang menjadi bagian dari Indonesia tersebut tentu beragam pula suku dan budaya yang mendiami setiap pulaunya. Pulau Jawa merupakan pulau terbesar dengan jumlah populasi terbanyak. Untuk itu suku yang mendiami Pulau Jawa paling paling dikenali di seantero Indonesia.

Nah, kali ini kita akan membahas sekilas tentang adat istiadat suku yang mendiami pulau terbesar di indonesia ini. Setidaknya ada 7 adat istiadat suku Jawa yang sampai saat ini masih dilestarikan. Berikut adat istiadat Jawa tersebut:

1. Upacara Kenduren

Upacara Kenduren dilakukan sebagai peringatan doa bersama yang dipimpin oleh tetua adat atau tokoh agama.

2.Upacara Grebeg

Upacara Grebeg digelar sebagai bentuk rasa syukur kerajaan terhadap karunia dan berkah tuhan. Upacara ini digelar 3 kali dalam setahun, diantaranya tanggal 12 Mulud (bulan ketiga), 1 Syawal (bulan kesepuluh) dan 10 Besar (bulan kedua belas).

3. Upacara Sekaten

Upacara Sekaten digelar sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran Nabi Muhammad.

Sekatenan
www.jalansolo.com

4. Upacara Ruwatan

Upacara Ruwatan dilakukan untuk tujuan menyucikan (meruwat) seseorang dari segala kesialan, nasib buruk dan memberi keselamatan.

5. Upacara Perkawinan Tradisional Jawa

Upacara ini merupakan upacara yang dianggap sakral. Saking sakralnya banyak tahapan yang harus dilakukan dalam melakukan upacara perkawinan.

6. Upacara Tedak Siten

Upacara tedak Siten adalah upacara yang digelar saat bayi berusia 8 bulan ketika sang bayi mulai elajar berjalan.

7. Upacara Tingkepan

Upacara Tingkepan adalah upacara yang dilakukan saat wanita tengah hamil 7 bulan.

Itulah beberapa upacara adat Jawa yang sampai saat ini masih dilestarikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar