Agar Anak Mudah Bangun Pagi

Anak Anda susah bangun pagi? Jika dibiarkan, kebiasaannya akan berlanjut hingga remaja bahkan dewasa. Padahal bangun pagi dan menyapa matahari memiliki banyak kebaikan bagi kesehatan. Sebaiknya jangan marahi anak ketika ia susah bangun pagi. Cara-cara konvensional seperti menyiram dengan air, atau dipukul, juga tidak tepat untuk membangungkannya. Lalu, bagaimana caranya? Ini dia beberapa cara ampuh agar anak tidak sulit bangun pagi.

1. Ajak Anak Tidur Sebelum Jam 10

Pastikan anak Anda tidak tidur lebih dari jam 10. Tujuannya, supaya ia bisa bangun paling lambat jam 5 pagi. Tidur 7 jam sudah lebih dari cukup untuk memulihkan tenaga.

2. Jauhkan Gadget dan Televisi dari Dalam Kamar Anak

Gadget dan televisi merupakan penghalang utama bagi anak untuk bersegera tidur. Mereka tentu keasyikan bermain dan menonton hingga lupa waktu. Anak pun tidur larut malam yang menyebabkan ia sulit bangun pagi.

3. Buat Suasana Tidak Nyaman Pada Jam Bangun

Anda dapat memasang alarm berkali-kali, mematikan kipas angin/AC, atau menghidupkan lampu. Hal-hal tersebut akan membuat tidur anak terganggu sehingga ia mudah bangun.

4. Percikan Sedikit Air ke Wajah Anak

Ingat, percikkan sedikit air. Bukan menyiram air ke wajahnya. Hal ini juga akan membuat anak tidak nyaman sehingga membuatnya terbangun dari tidurnya.

5. Jangan Biasakan Anak Tidur Berlebihan Pada Hari Libur

Jika anak tidur berlebihan pada hari libur, hal itu merusak irama pembiasaan bangun pagi yang sudah Anda bentuk sebelumnya. Tetap bangunkan anak pada jam seperti biasanya, meskipun hari libur.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar