Agar Cepat Tidur

Apabila Anda tidak tidur malam dengan baik, tubuh tidak akan mampu menyetor energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas secara maksimal esok hari. Namun, pada beberapa orang merasa sulit tidur meskipun kepala sudah menempel ke bantal. Berikut adalah cara-cara agar Anda cepat tidur

  1. Tidak Berolahraga Mendekati Waktu Tidur

    Olahraga setiap pagi memang dapat membantu Anda tertidur pulas di malam hari. Akan tetapi, jangan berolahraga di malam hari atau tiga jam sebelum waktu tidurmu. Hal tersebut mengakibatkan adrenalin yang terkumpul pada waktu berolah raga justru akan membuat Anda terjaga lebih lama.

  2. Batasi Konsumsi Minuman Pengganggu Tidur

    Konsumsi kafein akan membuat Anda terjaga, sehingga minum kopi di malam hari tentunya tidak akan membuatmu tertidur lebih cepat. Selain kopi, Anda juga tidak diperkenankan minuman beralkohol. Jika Anda melakukan hal ini, Anda hanya akan dapat tertidur untuk beberapa saat sebelum terbangun kembali karena efek memabukkan alkohol. Alkohol juga memiliki efek diuretik yang menyebabkan seseorang cepat mengalami dehidrasi, seperti berkeringat dan mengeluarkan air kencing. Batasi pula konsumsi air putih supaya Anda tidak bolak-balik ke kamar mandi tengah malam.

  3. Kurangi Jam Tidur Siang

    15-20 menit tidur siang diyakini akan mampu meningkatkan tingkat energi. Jika lebih dari waktu itu, kemungkinan besar Anda akan mengalami susah tidur pada malam harinya.

  4. Jangan Makan Sembarangan Sebelum Tidur

    Asupan makanan mempengaruhi kenyamanan tidur pada malam hari. Jangan pernah tidur dengan perut yang terlalu penuh atau kosong. Jika Anda tidur dalam kondisi kekenyangan, makanan yang Anda konsumsi belum selesai dicerna. Proses pencernaan yang terus berlangsung pada saat tidur tersebut akan membuat Anda terbangun di malam hari. Jika Anda tidur dalam kondisi kelaparan, juga akan membuat Anda terjaga.

  5. Singkirkan Segala Peralatan Elektronik

    Aktivitas seperti menonton atau berkonsentrasi pada layar HP akan merangsang otak untuk tetap terjaga. Oleh karena itu, singkirkan segala macam peralatan elektronik Anda.

  6. Ciptakan Suasana Sejuk di Kamar

    Berbagai penelitian mendapati bahwa suhu tubuh penderita insomnia sebelum tidur ternyata jauh lebih hangat daripada orang normal. Padahal dalam kondisi tidur, suhu tubuh manusia memang akan berada dalam titik terendahnya. Alhasil, mereka dengan suhu yang lebih tinggi akan mengalami kesulitan untuk mencapai suhu ideal. Suhu kamar yang dingin akan membantu proses tersebut. Oleh karena itu, turunkan suhu kamarmu dengan pendingin udara atau kipas angin untuk lebih cepat mencapai suhu ideal yang diperlukan untuk tidur.

  7. Matikan Lampu

    Paparan sinar matahari atau cahaya lampu menentukan produksi melatonin atau hormon tidur dalam tubuhmu. Hormon tidur berfungsi mengatur rasa kantuk. Secara alamiah, kerja hormon ini mengikuti pola siang-malam yang ditandai dengan terbit dan tenggelamnya matahari. Siang terang dan malam gelap. Terkadang pola kehidupan manusia tidak cukup mendapatkan paparan sinar matahari di pagi hari dan terlalu banyak cahaya di malam hari, kerja hormon ini semakin tidak maksimal. Maka dari itu semakin banyak orang yang mengalami kesulitan untuk bangun di pagi hari dan tidur di malam hari. Untuk mengembalikan kerja hormon tersebut, sesuaikanlah paparan sinar atau cahaya di malam hari dengan kegelapan total. Dengan begitu tubuh akan mengenali bahwa itu memang waktunya untuk beristirahat.

  8. Hilangkan Atau Samarkan Suara-Suara yang Mengusik Waktu Istirahatmu di Malam Hari

    Gangguan seperti keberisikan jalan atau suara dengkuran keluargamu kadang menjadi gangguan rutin sebelum tidur. Hilangkan gangguan tersebut jika Anda ingin mendapatkan tidur yang baik. Jika Anda tidak bisa benar-benar menghilangkan gangguan suara tersebut, samarkan gangguan tersebut dengan memainkan suara-suara menenangkan seperti deburan ombak atau suara kicauan burung secara terus-menerus.

  9. Buatlah Alarm Alami

    Kesulitan tidur di malam hari merupakan pertanda bahwa tubuh tidak siap atau tidak mengenali waktu tidur. Hal ini kemungkinan besar dilatarbelakangi oleh pola tidur yang tidak teratur. Jika Anda terbiasa untuk tidur atau bangun pada jam yang berbeda-beda setiap hari, tubuh akan mengalami kesulitan membedakan kapan waktu istirahat dan kapan waktu beraktivitas. Atur pola tidur yang teratur sehingga secara alamiah tubuhmu akan mengetahui perbedaan waktu tidur dan bangun. Dengan pengetahuan tersebut, tubuhmu pasti tidak akan memberontak jika sudah tiba waktu tidur.

  10. Membaca Bacaan Ringan

    Kegiatan membaca buku favorit atau bahkan bacaan yang sangat tidak menarik akan membantu mengalihkan pikiran Anda dari segala pekerjaan, tugas, atau hal lain yang membebani Anda sepanjang hari. Kebiasaan ini akan sangat bermanfaat untuk menenangkan pikiran. Pikiran yang tenang adalah tahapan pertama yang harus dicapai untuk dapat tertidur dengan pulas. Ingat, jangan pilih bacaan yang berat dan merangsang otakmu untuk berpikir.

  11. Gunakan Kasur Dan Pakaian Yang Nyaman

    Kasur dan sprei yang bersih dan nyaman akan membuat Anda cepat mengantuk daripada tempat tidur yang penuh buku dan sampah. Pastikan juga Anda memakai pakaian yang nyaman dan tidak panas sehingga ANda tidak perlu terbangun di malam hari gara-gara kepanasan.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar