Agar Persalinan Normal

Persalinan merupakan sebuah proses yang ditunggu-tunggu oleh ibu hamil. Setiap ibu hamil tentu mengharapkan proses persalinan yang normal saat melahirkan bayinya. Namun, tidak jarang ibu hamil merasa khawatir dan cemas saat mendekati waktu persalinan. Kecemasan dan kekhawatiran ini sebenarnya justru membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin.

Oleh karenanya, seorang ibu hamil seharusnya melakukan apapun yang dapat membuat dirinya tenang dan nyaman. Dengan demikian proses persalinannya dapat berjalan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan. Perhatikan beberapa cara di bawah ini yang akan mengulas tips-tips melahirkan normal.

1. Aktif Bergerak

Ketika ibu hamil bergerak, saat itu janin terdorong masuk ke jalan lahir dengan posisi yang tepat. Apabila posisi janin tepat maka proses persalinan akan lancar.

2. Pelajari Teknik Pernapasan

Persalinan akan berlangsung dengan mudah dan tenang jika nafas teratur. Ketika nafas teratur, oksigen yang dihirup dapat disalurkan ke seluruh tubuh termasuk dalam sel otot-otot rahim. Hal ini akan memudahkan janin keluar dari rahim. Selain itu juga dapat mengurangi rasa sakit saat persalinan.

3. Hirup Aromaterapi

Aroma lavender dapat membantu ibu hamil dalam mengurangi rasa sakit dan membuat ibu hamil rileks. Dengan demikian, proses persalinan akan berjalan normal.

4. Siapkan Camilan atau Makanan Bergizi

Proses persalinan membutuhkan banyak tenaga. Sebaiknya, ibu hamil mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung karbohidrat sebelum menjalani persalinan. Karbohidrat merupakan sumber energi bagi yang akan menambah tenaga pada tubuh. Apabila ibu hamil memmpunyai banyak tenaga, maka proses persalinan akan berjalan normal.

5. Posisi Tidur Miring Ke Kiri

Posisi tidur miring ke kiri diyakini dapat melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh termasuk yang mengalir ke janin.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar