Yuk, Ajak Anak Beraktivitas di Akhir Pekan dengan Beberapa Kegiatan Berikut Ini

Bagi murid sekolahan, sudah pasti bahwa akhir pekan adalah hari yang paling dinanti. Alasan utamanya karena mereka bisa bersantai dari tugas-tugas sekolah dan berisitirahat dari penuhnya jadwal pelajaran selama seminggu ini.

Bukan hanya itu, harapan untuk bisa menghabiskan waktu bersama dengan orangtua juga menjadi hal yang dinanti-nantikan. Maka, bagi mereka-mereka ini, hari libur terasa begitu menyenangkan dan begitu menggembirakan.

Sebagai orangtua yang bekerja, kamu sendiri mungkin tidak bisa banyak meluangkan waktu untuk bermain bersama buah hatimu selain di akhir pekan. Memanfaatkan waktu yang berguna dan sebaik mungkin di akhir pekan pasti akan membuat anakmu merasa amat senang.

Lakukanlah aktivitas yang anak-anakmu pun akan senang untuk mengikutinya. Ajak mereka untuk bergabung bersamamu melakukan beberapa hal berikut ini.

Bangun Pagi dan Olahraga

marilynch.com

Jika melakukannya di hari kerja, rasa-rasanya tak mudah. Karena, kamu dan anakmu pun harus melakukan persiapan sepagi mungkin untuk segera berangkat sekolah maupun kerja. Tapi, berbeda dengan hari minggu.

Ketika hari libur tiba, tetap biasakan anakmu untuk bangun pagi dan melakukan olahraga bersama. Entah dengan berlari kecil mengitari rumah atau bersepeda. Meski hal ini sangat sederhana, tapi akan menjadi kebiasaan yang baik dan menyenangkan untuk dilakukan bersama.

Belanja Bersama

www.barefootbeachblonde.com

Mengajak anak perempuan atau anak laki-lakimu untuk belanja sayuran dan lauk-pauk di pasar bisa menjadi pengalaman berharga bagi mereka. Secara tidak langsung, kamu pun bisa mengajari mereka dengan konsep jual-beli.

Anak-anak pun bisa memilih sendiri ingin belanja bahan-bahan mentah seperti apa sebagai menu makanannya selama beberapa hari ke depan. Mereka pasti merasa bangga juga karena ikut dilibatkan ketika ibunya sedang belanja untuk keperluan masak di dapur.

Memasak Bersama

musicearlychildhoodpresenter.com

Setelah selesai belanja dari pasar, kamu bisa mengajaknya untuk menuju dapur dan memasak bersama. Biarkan mereka memilih menu yang ingin dimakannya dari bahan makanan yang tadi telah kalian beli.

Mintalah mereka untuk mengupas bawang putih dan bawang merah atau mencuci bersih sayuran serta lauk yang akan dimasak. Kamu pun bisa mengajari cara menggunakan pisau dan memasak langsung di atas kompor. Hal ini pasti akan terasa menyenangkan untuk dilakukan oleh anakmu.

Membersihkan Rumah

andthenthefunbegan.co.uk

Tak cukup dengan mengajaknya berolahraga, berbelanja dan memasak saja, masih banyak lho waktu di hari libur ini yang tersisa. Kamu bisa mengajak anak-anakmu untuk membersihkan rumah bersama. Jadikan hal ini menjadi menyenangkan supaya anak tak mengeluh karena merasa lelah.

Entah itu menyapu halaman atau bagian-bagian di dalam rumah hingga mengepelnya dan mengelap kaca jendela. Buatlah kegiatan ini menjadi sebuah permainan berhadiah, jika anakmu bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik, maka kamu akan memberikan bingkisan istimewa untuknya.

Bertaman

notjustcute.com

Nah, setelah setengah hari penuh kalian bersama-sama, di siang hari adalah waktunya untuk beristirahat. Kemudian, ketika sore hari tiba, ajak anak untuk bertaman bersama. Untuk kali ini, kamu bisa mengajak mereka untuk menyirami tanaman yang ada di taman saja.

Jika mereka ingin bermain air, maka biarkan saja, karena hal inilah yang membuat mereka merasa senang dan bebas. Nanti, jika sudah selesai menyirami tanaman, langsung saja ajak anakmu untuk membersihkan diri.
Nah, meski tak pergi jauh, mengajak anak melakukan aktivitas yang membantu orangtua seperti ini pun bisa dibuat menyenangkan bukan? Selain itu, anak-anak juga bisa belajar dan memiliki pengalaman baru disetiap kegiatan yang dilakukan bersama dengan orangtuanya.

Tinggalkan komentar