Akibat dari Pergaulan Bebas yang Perlu Kita Perhatikan

Pergaulan bebas merupakan salah satu perilaku menyimpang baik secara norma, agama, aturan maupun perasaan malu. Merupakan proses interaksi baik antara individu ke individu maupun secara berkelompok, dimana perilakunya keluar dari batas kewajiban dan etika sopan santun yang ada dalam kehidupan bermasyarakat. Pergaulan bebas sangat melanggar norma agama dan norma kesusilaan.

Hal-hal yang terjadi dalam pergaulan bebas sangat bertolak belakang dengan aturan-aturan norma dan etika pergaulan. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya beberapa faktor. Faktor yang menjadi penyebab terjadinya pergaulan bebas sangat beragam. Mulai dari lingkungan, keluarga bahkan individu itu sendiri.

Rendahnya tingkat pendidikan keluarga bisa menjadi faktor utama dalam pergaulan bebas, contohya anak yang masih belia atau belum cukup umur untuk berpacaran tetapi sudah diizinkan berpacaran.

Keluar malam, jalan sama teman sampai larut malam dan tidak adanya pengendalian dari orang tua khususnya. Keadaan keluarga yang tidak stabil alias sering terjadi pertengkaran broken home juga bisa mempengaruhi kondisi psikis anak.

Broken Home Akibat Pergaulan Bebas
thoughtcatalog.com

Anak menjadi merasa tidak nyaman di rumah, mereka merasa kurangnya perhatian dari orang tua sehingga mereka memutuskan untuk mencari perhatian di luar rumah, tetapi meraka terjerumus dalam dunia pergaulan bebas.

Selain itu dapat juga terjadi karena lingkungan setempat yang memang kurang baik. Di mana di sinilah tempat terbentuknya pribadi anak. Kurangnya kesadaran dari remaja tersebut juga dapat menjadi penyebab utamanya, kurang berhati-hatinya dalam berteman ataupun salah memilih teman bergaul.

Akibatnya dapat memberikan pengaruh besar bagi remaja itu sendiri, orang tua, masyarakat dan juga pihak-pihak tertentu seperti negara misalnya. Bahaya seks bebas, berhubungan suami istri tetapi diluar hubungan pernikahan yang sah sampai dengan terjadinya hamil diluar nikah dan aborsi.

Ketergantungan obat/narkoba, menurunnya tingkat kesehatan akibat timbulnya penyakit seks menular seperti HIV/AIDS, meningkatkan kriminalitas di mana jika mereka tidak bisa memenuhi hasrat bisa saja melakukan tindakan anarkis, seperti mencuri dan merampok agar mendapatkan uang untuk membeli obat-obatan terlarang, memperkosa serta mencabuli, dan juga dapat menurunkan tingkat prestasi seorang anak.

Di luar itu masih sangat banyak kerugian-kerugian akibat terjadinya pergaulan bebas, maka dari itu saya berpesan bagi orang tua, perhatikanlah anak dan jangan terlalu memanjakannya. Selalu waspada, didiklah dengan ilmu pengetahuan agama yang baik dan jadilah teman baginya yang bisa mendapatkan kenyamanan dirumah. Serta bagi remaja-remaja, pilihlah teman yang baik lakukan pergaulan yang positif dan bermanfaat.

Tinggalkan komentar