Akibat Hujan Asam yang Berdampak Buruk Pada Lingkungan

Hujan asam merupakan sebagai segala macam hujan dengan pH di bawah 5,6. Hujan secara alami bersifat asam pH  di bawah 6 karena karbondioksida  di udara yang larut dengan air hujan memiliki bentuk sebagai asam lemah. Apa saja sih yang menyebabkan terjadinya hujan asam, berikut akan kita bahas penyebabnya.

  1. Hujan asam dapat disebabkan oleh belerang atau sulfur yang merupakan pengotor dalam bahan bakar fosil serta nitrogen di udara yang bereaksi dengan oksigen membentuk sulfur dioksida dan nitrogen oksida.
  2. Secara alami hujan asam juga dapat terjadi akibat semburan dari gunung berapi dan dari proses biologis di tanah, rawa dan juga laut. Namun mayoritas asam disebabkan oleh aktivitas manusia seperti industri, pembangkit tenaga listrik, kendaraan bermotor dan pabrik pengolahan pertanian. Gas-gas yang dihasilkan oleh proses ini dapat terbawa oleh angin hingga ratusan kilometer di atmosfer sebelum berubah menjadi asam dan terdeposit ke tanah.
  3. Hujan asam juga bisa terjadi terjadi karena tumpahan minyak ke air laut. Dimana air laut cenderung mengalami penguapan ke atmosfer.

Jika Ada Penyebab Akan Timbul Juga Akibat dari Pembentukan Hujan Asam, Beberapa Akibatnya Antara Lain:

jendelasarjana.com
jendelasarjana.com
  1. Bagi tanaman, jika hujan asam merembes kedalam tanah akan melarutkan mineral bermanfaat dan nutrisi dalam tanah hanyut. Akibatnya tanaman mudah rentan terhadap cuaca dingin, serangga dan penyakit yang dapat menyebabkan kematiannya.
  2. Bagi kehidupan air, hujan asam mempengaruhi organisme yang hidup dalam air. Kandungan asam yang tinggi di air laut juga dapat mengganggu ikan untuk mengambil nutrisi, garam dan oksigen sehingga dapat mempengaruhi produksi ikan.
  3. Bagi manusia bisa mempengaruhi kesehatan manusia. Karena menyebabkan polusi udara, hujan asam mengarah pada pembentukan senyawa beracun dengan bereaksi dengan senyawa kimia alami. Senyawa beracun ini dapat meresap kedalam air minum atau rantai makanan. Makanan yang terkontaminasi dapat merusak saraf dan mengakibatkan kerusakan otak yang parah bahkan menyebabkan kematian.

Demikianlah sedikit pengertian dari akibat hujan asam. Semoga dapat menambah Wawasanmu dalam mengetahui dampaknya serta bisa bermanfaat.

Tinggalkan komentar