5 Akibat Pencemaran Tanah yang Membuat Kamu Prihatin

Ada banyak sekali akibat yang harus diterima oleh seluruh komponen penyusun ekosistem sebagai konsekuensi dari akibat pencemaran tanah yang berlangsung pada suatu daerah tertentu. Dampak lebih parah pada umumnya akan terjadi jika sampah mencemari tanah dan tidak dapat dipisahkan dalam kategori sampah organik dan anorganik.

Dampak ini akan sangat dirasakan oleh manusia di sekitar lingkungan tanah yang tercemar. Dampak akan tanah yang terkontaminasi juga dapat menyebabkan masalah bagi kesehatan manusia, baik itu pernafasan, kulit maupun sistem pencernaan.
Berikut ini adalah hal-hal penting yang patut kamu ketahui akibat pencemaran tanah :

 

Menurunkan Kesuburan Tanah

www.ebiologi.com
www.ebiologi.com

Akibat pencemaran tanah yang terjadi di suatu daerah tertentu akan lebih dahulu dirasakan oleh ekosistem darat di sekitarnya secara langsung. Di beberapa daerah yang terkena pencemaran tanah akan menurunkan tingkat kesuburan tanah di daerah tersebut. disana tanaman akan sulit hidup dan bertahan. Jika bertahan ia akan menghasilkan produk yang kurang berkualitas dan belum tentu aman jika dikonsumsi.

Pencemaran Udara

dermis70.blogspot.com
dermis70.blogspot.com

Sampah yang mencemari tanah berlahan akan terdekomposisi oleh bakteri dekompres. Proses ini akan berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan membuat udara di sekitarnya akan menjadi tak nyaman untuk dihirup. Seperti yang diketahui bahwa proses dekomposisi akan membuat sampah menjadi busuk dan mengeluarkan gas-gas yang berbau menyengat. Untuk mencegah pencemaran udara kamu bisa melakukan hal-hal sederhana, seperti tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Wabah Penyakit

pixabay.com
pixabay.com

Akibat pencemaran tanah selanjutnya adalah penyebaran penyakit berbahaya. Tanah yang tercemar adalah tempat yang nyaman bagi banyak bakteri berbahaya untuk hidup. Kebiasaan membuang sampah di sembarang tempat menjadi hal yang lumrah di negeri ini. Sampah-sampah yang berada di atas permukaan juga habitat bagi hewan penyebar penyakit seperti serangga, tikus dan lainnya.

Merusak ekosistem

saepulmalik27.blogspot.com
saepulmalik27.blogspot.com

Pencemaran tanah banyak berdampak pada terganggunya keseimbangan ekosistem secara besar-besaran. Cepat atau lambat pencemaran tanah akan mengganggu Keseimbangan ekosistem. Homeostatis yang awalnya tercapai secara alami akan rusak sebagai dampak pencemaran tanah di lingkungan sekitar

Kita sebagai manusia wajib menjaga keseimbangan tanah agar tidak terjadi pencemaran tanah. Demikian tadi sedikit ulasan mengenai akibat pencemaran tanah. Semoga bisa menambah wawasanmu serta pengetahuanmu tentang dampak pencemaran. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar