Beginilah Akibat dari Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja

Pergaulan bebas kebanyakan dilakukan oleh anak muda yang masih remaja (ABG) yang masih dalam masa pertumbuhan. Mereka ini banyak ingin tahu akan sesuatu yang dapat membuatnya penasaran. Mungkin, pada masa remaja adalah masa mencari jati diri. Namun, di masa inipun anak-anak terkadang salah langka jika tidak diarahkan secara baik oleh orang tuanya.

Akibat pergaulan yang di luar batas sehingga dampak buruk untuk mereka seperti seks bebas, terkena HIV/AIDS, narkoba, minum-minuman keras. Pada saat sekarang ini pergaulan bebas telah merambah ke tingkat bawah dan berkembang di anak SMA dan SMP. Di Indonesia sendiri di setiap SMA yang ada 50% muridnya tidak virgin lagi dan 30% untuk murid SMP.

Semua ini terjadi karena pergaulan bebas dan dunia internet. Baik itu dari ponsel dengan menyimpan film biru (blue film). Sehingga membuat anak-anak tersebut menjadi penasaran untuk meniru adegan tersebut. Selain dari anak tersebut, ada faktor lain yang mendorong mereka seperti melihat orang dewasa yang melakukan pelecehan seksual di tempat umum.

Jika disimpulkan ada beberapa poin dampak akibat pergaulan bebas tersebut. Mari disimak ya.

 

Sikap Mental yang Tidak Sehat

nydailynews.com/
nydailynews.com

Akibat dari pergaulan bebas cenderung membuat sikap mental anak menjadi kurang sehat. Efek dari sikap mental inilah yang akan membuat banyak anak remaja merasa bangga atas pergaulan mereka. Padahal pergaulan yang dilakukannya tidak sepantasnya.

Mereka juga tidak memahami apa yang dilakukannya mungkin dikarenakan pemahaman yang kurang. Serta emosi yang kurang stabil dipacu juga dengan penganiayaan dari pembentukan kepribadian yang tidak wajar.

Pergaulan bebas juga terjadi karena tindakan keluarga ataupun orang tua yang menonal, tidak peduli, menghukum, mengolok-olok, terlalu memaksakan kehendak, dan mengajarkan sesuatu yang salah.Sebagai pelarian dari itu semua mereka melakukan hal-hal yang negatif seperti narkoba, seks bebas, dan lain-lain.

Hamil di Luar Nikah

www.harianaceh.co.id
www.harianaceh.co.id

Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan tentang masalah seksologi para remaja. Mereka melakukan seks tanpa memikirkan risiko yang akan terjadi. Mereka justru melakukan hal itu karena untuk mencari tahu bagaimana rasanya berhubungan badan yang diakibatkan menonton film biru (blue film).

Putus Sekolah

callcampaign18.wordpress.com
callcampaign18.wordpress.com

Dampak negatif dari pergaulan bebas adalah bisa menyebabkan seorang anak remaja putus sekolah. Karena mereka lebih mengutamakan pada ego ketimbang akal sehat dan realita yang ada. Akibatnya adalah meningkatnya kemiskinan karena kurangnya pendidikan dan semakin bodohnya masyarakat menjadi sesuatu yang sering terjadi.

Tawuran antar Pelajar

terbitsport.com
terbitsport.com

Tawuran antar pelajar adalah salah satu dari dampak pergaulan bebas dan hal ini juga dapat memicu angka kriminalitas. Pendidikan yang sangat rendah, kemiskinan, dan kebutuhan akan hal-hal kesenangan lainnya dapat menjadi faktor dari kriminalitas tersebut.

Serta penggunaan narkoba dan zat adiktif lainnya juga dapat memicu untuk melakukan kriminalitas seperti mencuri, memperkosa, ataupun membunuh seseorang.

Masalah Kesehatan Secara Global

huffingtonpost.com
huffingtonpost.com

Dampak pergaulan bebas lainnya adalah terjadinya masalah kesehatan. Penyakit yang sering diderita oleh anak-anak yang salah pergaulan adalah HIV/AIDS, hepatitis, dan penyakit kelamin lainnya. Hal ini menjadi sebuah pemandangan yang dapat dengan mudah kamu jumpai jika melihat anak-anak yang sudah melakukan pergaulan bebas.

Padahal hingga saat ini, penyakit HIV/AIDS tidak ada obatnya dan dapat menimbulkan masalah kesehatan lain seperti kemandulan atau bahkan bisa menyebabkan kematian.

Penyakit Sosial

toobahatif.wordpress.com
toobahatif.wordpress.com

Dampak pergaulan bebas berikutnya adalah meningkatnya penyakit sosial. Rasa empati dan belas kasih mungkin sudah tidak ada lagi. Mereka sering menggantinya dengan rasa egoisme, tidak peduli asalkan dirinya sendiri senang, sifat hedonisme yang berkepanjangan, dan melakukan segala cara untuk mendapatkan apa yang diinginkannya.

Tinggalkan komentar