3 Fenomena Alam yang Terjadi di Indonesia Akibat Revolusi Bulan

Sebelum mengetahui tentang akibat dari revolusi bulan, sebelumya akan kita bahas dahulu mengenai gerakan apa saja yang bisa dilakukan oleh bulan. Bulan merupakan satelit alami yang dimiliki oleh planet bumi. Bulan tidak memancarkan cahayanya sendiri. Cahaya bulan yang terlihat pada malam hari berasal dari cahaya matahari yang dipantulkan lagi oleh permukaan bulan. Bulan melakukan tiga gerakan. Gerakan-gerakan itu salah satunya adalah  Revolusi bulan mengelilingi bumi.

Sama halnya dengan rotasi bulan juga mengalami revolusi untuk mengelilingi bumi. Akibatnya bulan akan terlihat berbeda-beda jika dilihat dari bumi yang disebut fase bumi.  Dalam sekali revolusi, Bulan mengalami 8 fase. Apabila dirata-rata, setiap fase Bulan berlangsung selama 3 sampai 4 hari. Permukaan bulan yang  berwarna hitam adalah bagian bulan yang tidak terkena cahaya Matahari. Sedangkan permukaan yang berwarna putih merupakan bagian Bulan yang terkena sinar Matahari namun tidak begitu terlihat dengan jelas dari Bumi.

Saat terjadi Revolusi, hal ini memberikan akibat yang dapat dirasakan oleh bumi, akibat-akibat tersebut adalah :

Pergantian Musim

detektif-fisika-doni.blogspot.com
detektif-fisika-doni.blogspot.com

Ketika kutub selatan bumi mengarah ke matahari, maka separuh bumi di bagian selatan bertambah dekat posisinya dengan matahari. Hal ini menyebabkan belahan bumi bagian selatan terkena musim panas. Pada saat yang sama, belahan bumi bagian utara semakin jauh dengan matahari karena posisinya membelakangi.

Hal ini mengakibatkan belahan bumi utara mengalami musim dingin. Pergantian antar musim panas ke musim dingin terjadi musim gugur. Diantara pergantian musim dingin ke panas maka akan terjadi musim semi. Jadi, bagian bumi selatan dan bagian bumi utara mengalami empat musim. Semetara itu, daerah khatulistiwa seperti indonesia mengalami dua musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan dan itu menjadi alasan mengapa di Indonesia kaya akan flora dan fauna.

Gerak Semu Tahunan Matahari

moelangbotjahesdhe.blogspot.com
moelangbotjahesdhe.blogspot.com

Matahari tampak terbit dari tempat yang berbeda setiap periode. Dalam satu tahun matahari seakan-akan bergerak atau berpindah tempat. Gerak inilah yang disebut dengan gerak semu tahunan matahari.

Terlihatnya Rasi-rasi Bintang yang Berbeda dari Bulan ke Bulan

pixabay.com
pixabay.com

Rasi bintang adalah kumpulan dari  bintang-bintang yang membentuk sebuah pola tertentu. Setiap rasi bintang terlihat pada waktu yang sama dan pada tempat yang sama. Bumi beredar memutari matahari sehingga rasi bintang akan terlihat berbeda pada setiap bulannya.

Nah itulah akibat yang ditimbulkan oleh revolusi bulan terhadap matahari. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar