in

Tiru 5 Aktivitas Pagi Hari Orang-Orang Sukses Ini Agar Kamu Bisa Ikut Sukses Juga

Jogging Yuk
getfitgetlife.org

‘Pagi hari’, apa yang terlintas ketika memikirkan kata ini?

“Duh, mengulang rutinitas lagi.’ Ini mungkin yang terlintas  dalam benak sebagian orang. Kadang membuat rasa jenuh, karena harus mengantisipasi banyaknya beban yang harus dikerjakan. Bisa jadi karena sebagian pekerjaannya tersebut bukanlah yang disukai. Sampai-sampai untuk bangun pun enggan.

Namun ada pula orang yang bersemangat di pagi hari. Orang-orang ini sudah produktif sebelum yang lain mulai sarapan. Apa rahasia mereka?

Mereka punya kebiasaan pagi yang positif. Aktivitas di pagi hari ini berbeda untuk tiap orang. Tergantung minat mereka. Walau begitu, aktivitas yang berbeda ini punya hasil yang sama. Bekerja selama beberapa jam yang dilakukan di pagi hari lebih produktif daripada total pekerjaan seharian.

Apa sajakah rutinitas pagi orang-orang sukses ini? Yuk kita cari tahu.

1. Mengerjakan Proyek Pribadi

Punya mimpi yang tidak bisa dilakukan karena terjebak dengan pekerjaan sehari-hari? Kalau kamu menjawab, “ya.” Mungkin kamu bisa melakukan rutinitas seperti Charlotte Walker.

Ia bekerja sebagai dosen sejarah di Universitas Chicago. Tiap pukul 6 pagi, ia mencicil menulis buku. Saat pukul 9, barulah ia mengajar. “Every day I have a job. But in the morning, I think I have a career,” katanya.

2. Waktu Keluarga

Keluarga Septi Peni Wulandani, pendiri Jarimatika dan ibu rumah tangga profesional, punya rutinitas pagi bersama keluarganya. Waktu pagi ia gunakan untuk makan bersama dan saling diskusi sesama anggota keluarga.

Waktu sarapan ini mereka bukan hanya berkumpul, tapi juga saling berbagi pemikiran dan kegiatan. Dengan sarapan bersama ini, hubungan antar anggota keluarga jadi semakin erat.

3. Menulis

Mendiang Maya Angelou, semasa hidupnya punya rutinitas menulis di pagi hari. Tiap pukul 6:30 ia mulai menulis di kamar hotel yang ia sewa. Biasanya siang hari pekerjaan menulisnya sudah selesai.

Begitu pula dengan Haruki Murakami. Dalam bukunya What I  Talk About When I Talk About Running, ia mulai menulis pukul 4 pagi dan selesai pada pukul 9 atau 10 pagi, pekerjaannya untuk hari itu sudah ia selesaikan.

Setelah merasa tenang karena beban menulisnya sudah selesai, ia bisa mulai refreshing. Biasanya dengan lari 10 km atau berenang 1500 meter.

4. Olahraga Pagi

Walau sudah lansia, BJ Habibie selalu punya banyak energi. Saat menjabat presiden, beliau tidur hanya 3 jam saja. Apa rahasianya? Ia punya rutinitas berenang tiap pukul 5.30 pagi selama 1 jam dan membaca.

Sandiaga Uno juga punya kebiasaan lari di pagi hari, biasanya dilakukan setelah salat subuh. Ini yang membuatnya selalu punya energi di tengah jadwalnya yang padat. Bukan hanya itu, bagi Sandiaga Uno lari pagi menjadi ajang untuk berkontemplasi atau  mencari inspirasi.

Masih banyak pengusaha lain yang punya rutinitas lari di pagi hari, diantaranya Dahlan Iskan dan Harry Tanoesoedibjo.

Dahlan Iskan berolahraga pagi (sumber: jalanjalanrizky.blogspot.com)
Dahlan Iskan berolahraga pagi (sumber: jalanjalanrizky.blogspot.com)

5. Meeting

Tidak ada salahnya meeting di pagi hari. Sam Walton, pendiri waralaba supermarket diskon terbesar di dunia Walmart (di Indonesia Walmart bekerja sama dengan Matahari jadi Hypermart), mulai bekerja sangat pagi. Sam Walton sering berangkat kerja pukul 4 pagi.

Biasanya Sam mengobrol dengan supir-supir truk  di gudang Walmart. Bagi Sam Walton, sopir truk adalah orang yang tahu paling banyak tentang kondisi toko-toko Walmart di berbagai daerah.

Ia akan menggali informasi tentang hal-hal yang perlu diperbaiki dari Walmart. Dengan cara ini Sam bisa membuat Walmart selalu di depan pesaing-pesaingnya.

Basrizal Koto, pendiri konglomerasi besar di Sumatera MCB Group, punya kebiasaan yang mirip  Sam Walton. Setiap pagi ia rutin menelepon direktur-direktur perusahaannya. “Dari percakapan tersebut, timbullah ide untuk kemajuan perusahaan,” katanya.

Bahkan Basrizal Koto menekankan kalau bekerja dari pagi adalah kunci suksesnya.

“Untuk memulai usaha, sebaiknya laksanakan sebelum matahari terbit. Tidak ada saudagar atau pedagang yang sukses jika memulai dagangannya pada siang hari. Memang tidak semua usaha/jasa bisa dilakukan di pagi buta, namun bisa direncanakan sejak pagi. Setelah itu, berdoalah kepada Allah SWT agar  usaha kita mudah dan mendapat keuntungan,” ucapnya.

Memulai kegiatan produktif di pagi hari membuat hidup lebih bermakna bagi sebagian orang. Ketika orang lain masih terjebak dengan rutinitas yang menjemukan, setidaknya mereka sudah mencetak prestasi tersendiri.

Orang-orang ini sudah melakukannya dan menjadi berhasil karenanya. Aktivitas pagi membuat mereka lebih bersemangat berkarya sepanjang hari. Semakin banyak orang yang produktif di pagi hari, semakin cepatlah kemajuan Indonesia.

Kamu tertarik mengikuti jejak mereka?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pengertian, Sejarah dan Teknik-Teknik Dasar Sepak Takraw

Strategi Ampuh Agar Produk Indonesia Jadi Raja di Negeri Sendiri