Aktivitas yang Biasa Dilakukan Orang-orang Sukses Sebelum Mereka Pergi Tidur

Malam adalah waktu yang paling tepat untuk mengistirahatkan tubuh kita. Setelah sibuk seharian kerja, begitu melihat kasur yang empuk menantikan  kedatanganmu, pasti kamu langsung ingin segera tidur. Padahal, beberapa saat sebelum tidur merupakan waktu yang sangat produktif lho. Ketika kepala sudah panas akibat terlalu banyak berpikir tentang pekerjaan tentunya perlu segera diistirahatkan, ketika sedang mau istirahat disitulah banyak ide yang keluar.

Ada beberapa kebiasaan yang dapat membantu kamu menjadikan waktu sebelum tidur menjadi lebih produktif dan bermanfaat. Simaklah beberapa kisah kebiasaan para orang-orang sukses sebelum mereka tidur.

Baca juga 10 Aktifitas Sederhana Agar Tidak Tidur Lagi Setelah Sholat Shubuh

Bill Gates, Chairman Microsoft; Membaca Buku Setiap 1 jam Sebelum Dia Tidur

www.boomsbeat.com

Setiap harinya Bill Gates menyempatkan dirinya untuk dapat membaca buku selama 1 jam. Buku yang dibaca bermacam-macam, mau bertema ringan atau berat yang penting adalah membaca. Kebiasaan ini akan menambah pengetahuan dan juga mengurangi rasa stress dan meningkatkan kemampuan kinerja otak.

Rutinitas Bill Gates ini juga dapat kamu contoh, kamu cukup mencari buku yang menarik untuk dibaca dengan tema yang tidak terlalu berat seperti novel dari genre favoritmu. Bacalah secukupnya, kamu tidak harus membaca selama 1 jam layaknya kebiasaan Bill Gates. Jika kamu sudah mengantuk, langsung tidur saja. Nantinya hal ini akan menjadi kebiasaan baik kamu. Tetapi jika kamu paksa otak kamu untuk tetap membaca tetapi kamu sudah mengantuk, itu malah tidak baik.

Arianna Huffington, Direktur The Huffington Post; Menjauhkan Ponselnya dari Jangkuan

www.makers.com

Beberapa saat sebelum tidur, Arianna Huffington tidak membiarkan ponselnya berada di sekitarnya. Dia meletakkan alat komunikasinya tersebut di ruangan lain supaya tidak mengganggunya sebelum tidur. Dia juga berusaha menghindari godaan mengecek telepon dan menghabiskan waktunya berjam-jam hanya untuk Ponsel.

Sinar yang dipancarkan dari ponsel juga dapat mengganggu kenyamanan tidur dan membuat tubuh susah untuk rileks. Pernyataan tersebut dikatakan oleh Dr Charles Czeisler yang merupakan peneliti dari Neurosains Harvard University Department. Jadi jika ingin tidur dengan nyenyak, cobalah tiru Arianna Huffington dengan menjauhkan diri dari ponsel.

Joel GasCoigne, CEO Buffer App; Berjalan-jalan di Sekitar Rumah

yasinbalkan.com

Untuk meringankan pikirannya, Joel Gascoigne membiasakan diri dengan berjalan-jalan di sekitar rumahnya untuk menghilangkan rasa penat sesaat sebelum dia memutuskan untuk segera tidur. Jalan-jalan di malam hari ini menurutnya sangat membantu dirinya untuk dapat mengurangi rasa stress.

Nggak perlu lama-lama, cukup 10-15 menit berjalan-jalan keliling komplek rumah. Selain mendapatkan sehat dengan berjalan tadi, rasa stress juga berkurang. Bagaimana menurut kamu? Apakah kamu mau mencontoh kebiasaan Joe Gascoigne?

Oprah Winfrey, CEO Harpo Productions; Bermeditasi Sebelum Tidur

www.oprah.com

Meditasi sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin menenangkan diri. Oprah pun memiliki kebiasaan untuk bermeditasi sebelum tidur.

Agar kamu dapat melaksanakan meditasi yang sempurna, usahakan kamu memposisikan diri dalam keadaan tenang dan mengosongkan pikiran sejenak. Tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan secara berlahan, lakukan hal tersebut berulang-ulang hingga nafas menjadi teratur. Agar lebih nyaman lagi, pasang aroma terapi di ruangan yang kamu gunakan meditasi seperti bau lavender. Dijamin kamu akan dapat tidur dengan nyenyak dan besoknya kamu dapat menjalankan hari-hari dengan produktif.

Vera Wang, Perancang Busana Terkenal; Mencari Ide Kreatif Sebelum Tidur

Vera-Wang missowl.com a
Sebagai seorang perancang busana, Vera Wang selalu dituntut untuk dapat menghasilkan sebuah karya inovasi yang terbaru. Vera biasa meluangkan waktunya sebelum tidur untuk mencari ide-ide kreatif. Menurut Vera, sebelum tidur merupakan wakru yang tetap untuk mencari ide, karena otak dalam keadaan yang rileks sehingga akan mempermudah memunculkan ide-ide kreatif.

Kalau kamu juga ingin bisa mencari ide kreatif seperti Vera, cobalah luangkan waktu kamu sebelum tidur untuk mencari ide yang bagus. Cukup luangkan waktu kamu selama 30 menit untuk mencari ide yang kreatif, jangan lupa untuk menyediakan catatan agar ide itu tidak hilang begitu saja termakan oleh mimpi-mimpimu selama tidur.

Kenneth Chenault, CEO American Express; Biasa Merencanakan Hari Esok Sebelum Tidur

www.bet.com

Kebiasaan yang dilakukan CEO American Express ini sangatlah membantu dirinya untuk dapat beraktifitas secara produktif untuk esok harinya. Kenneth selalu menyempatkan dirinya untuk membuat daftar kegiatan yang akan dilakukannya esok hari. Tidak perlu terlalu detail, cukup menulis poin-poin penting yang akan dijadikan panduan untuk hari esok.

Apa yang dilakukan oleh Kenneth dapat kamu tiru. Dengan menuliskan apa saja yang akan kamu lakukan pada esok hari, sudah dipastikan kegiatan kamu tidak akan bertabrakan. Tidak perlu terlalu detail dan terlalu panjang cukuplah dengan gambaran tentang esok hari apa yang akan kamu lakukan.

Tinggalkan komentar