3 Al Qur’an Terbesar di Dunia

Al – Qur’an adalah pegangan hidup dari umat Islam dalam menjalankan perintah dan larangan Allah SWT. Al – Qur’an sendiri berasal dari kata quran yang mempunyai arti bacaan. Mungkin kamu sudah terbiasa melihat kitab suci umat Islam ini dalam bentuk standar, namun tahukah kamu bahwa ada Al-Qur’an yang dibuat sangat besar seperti contoh berikut ini :

  1. Al-qur’an Al-Akbar

al quran terbesar
worldwidetour2015.files.wordpress.com

Alqur’an al -akbar merupakan alqur’an terbesar didunia yang berada di  negara republik Indonesia, tepatnya berada di kota Palembang. Sumatera Selatan.  Al-qur’an al-akbar sebuah karya anak indonesia, yang dalam proses pembuatannya dibantu oleh ulama’ dan para kaligrafi di sumatra selatan. Tidak hanya menorehkan sejarah indonesia namun juga sejarah dunia.

Baca Juga : Lembaran Alqur’an Tertua ditemukan di Inggris

Dalam pembuatan Alqur’an ini butuh  kurun waktu 5 tahun, mulai dari tahun 2003 hingga 2008 dengan menghabiskan 315 lembar kayu lembar kayu trembesi dan menghabiskan biaya  kurang lebih  dari Rp. 2 miliar. Pembuatan alqur’an yang terbuat dari kayu ini di prakarsai oleh Sofwatillah Mohzaib. Alqur’an al-akbar memiliki tebal mencapai 9 meter dengan ukuran 117 x 140 x 2,5 sentimeter, serta sampul depan yang dihiasi ukiran indah khas Palembang yang menambah Al-Qur’an ini begitu menakjubkan.

  1. Al-Quran di Afghanistan

al-quran-terbesar-di-dunia
vivanews.com

Alqur’an terbesar di dunia berikutnya ada di  Kabul ibu kota negara Afganistan, Negara yang menghadapi perang ini berhasil mencatat sejarah dunia. Alqur’an yang memiliki ukuran 7,5 x 5,10 dan berat 1.000 pound ini di rancang oleh Mohammad Sabir Khedri  dengan menghabiskan dana  setengah juta dolar AS. Dan dalam pembuatannya membutuhkan waktu selama 5 th serta menghabiskan 21 kulit kambing yang digunakan sebagai sampul al-qur’an. .

  1. Al-Quran di Kazan

The-Largest-Al-Quran-Koran-In-The-World
sayaabel.blogspot.com

Alqur’an yang sangat besar berikutnya ini ada di kota Kanzan Republik Rusia Tatarstan dan saat ini disimpan di masjid Qolsharif. Al qur’an ini memiliki sampul yang beratnya mencapai 120 kg dan berat keseluruhan dari Al-Qur’an ini adalah  800 kg. Al-Qur’an ini memiliki jumlah halaman sebanyak 632,  dan lebar 2 m x 1,5 m ketika ditutup dan 3 m x 2 m ketika dibuka.

Alqur’an yang terbuat dari perunggu, batu mulia dan bertatahkan phyanite, emas, daun giok, serta perak ini dibuat pada novenmer 2011 dan telah mendapat sertifikat dari Guinness World Records untuk menjadi Al-Qur’an  terbesar di dunia.

 

Tinggalkan komentar