Alami Memutihkan Gigi

Gigi yang kuning sering kali menjadi penyebab seseorang minder dan susah dalam bergaul. Gigi yang kuning juga menandakan bahwa gigi tidak sehat dan dapat mengganggu kesehatan anggota tubuh lainnya seperti mulut dan gusi.

Malas menggosok gigi, cara menggosok gigi tidak benar, terlalu sering meminum kopi dan teh herbal, merokok, sering mengkonsumsi minuman suplement atau minuman penambah energi, dan pemakaian obat pemutih gigi yang tidak cocok, merupakan beberapa hal yang dapat menyebabkan gigi menjadi kuning

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Agar gigi Anda putih cemerlang, hindari kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Selanjutnya lakukan beberapa cara alami berikut ini untuk memutihkan gigi.

1. Memakai Siwak

Siwak atau miswak adalah dahan atau akar pohon yang dapat digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Cara ini sudah dilakukan kaum muslim sejak jaman dahulu untuk menjaga kebersihan dan kekuatan gigi. Semua dahan atau akar pohon bisa digunakan untuk bersiwak jika memenuhi syarat yaitu lembut dan harus terjaga kebersihannya.

2. Memakai Arang Kayu

Mungkin terdengar aneh, namun cara ini ampuh menghilangkan warna kuning. Ingat, berhati-hatilah dalam memakai arang kayu, penggunaan secara berlebih dapat merusak email gigi dan menyebabkan rasa sakit pada gigi. Lakukanlah sewajarnya saja.

3. Memakai Kulit Jeruk

Gunakan bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih untuk menggosok gigi kuning. Lakukan secara teratur setiap hari dan gigi akan menjadi putih secara alami dan cepat. Hati-hati bagi Anda yang memiliki gigi sensitif, kandungan vitamin C yang terkandung di dalamnya tidak cocok untuk jenis gigi Anda.

4. Buah-Buahan

Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran seperti buah strawberry, apel, wortel, dan seledri juga bermanfaat sebagai bahan alami pemutih gigi. Anda tidak perlu membuat ramuan khusus, tinggal dikonsumsi seperti biasa, dan gigi Anda akan terlihat sehat dan putih.

5. Pasta Gigi Alami

Untuk membuat pasta gigi tradisional, sediakan daun salam serta kulit jeruk kemudian jemur keduanya sampai kering. Tumbuk hingga halus lalu tambahkan air dan aduk sampai berbentuk pasta. Gunakan pasta gigi alami yang sudah anda buat untuk menggosok gigi, ramuan ini ampuh membuat gigi terlihat lebih putih.

6. Lemon dan Garam

Buatlah pasta gigi dari bahan alami yaitu dari jus lemon yang ditambah sedikit garam. Pasta gigi alami yang satu ini dipercaya membantu memutihkan gigi Anda. Tapi ingat jangan terlalu sering, karena garam dapat merusak lapisan gigi.

7. Baking Soda

Memutihkan gigi dengan cara yang satu ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengoleskan baking soda ke seluruh permukaan gigi dan diamkan selama sekitar 10 menit. Setelah itu sikatlah gigi anda dengan pasta gigi sampai bersih. Baking soda mampu menghilangkan noda-noda yang ada pada gigi. Namun jika terlalu sering digunakan baking soda justru akan merusak lapisan alami gigi. Oleh karena itu gunakanlah baking soda untuk memutihkan gigi maksimal 1 atau 2 kali dalam sebulan.

8. Berhenti Merokok

Rokok mengandung tar dan campuran tembakau yang menjadikan gigi berwarna kuning. Jika Anda seorang perokok aktif dan benar-benar ingin memutihkan gigi maka sebaiknya Anda berhenti merokok mulai dari sekarang. Selain dapat memutihan gigi, merokok juga dapat membuat hidup Anda lebih sehat.

9. Biji Buah Pinang

Caranya yaitu dengan membakar biji buah pinang hingga hangus lalu dihaluskan hingga lembut. Gosokan biji buah pinang yang telah halus tersebut ke gigi dengan menggunakan sabut pinang atau kain katun. Lakukan 2 minggu sekali.

10. Konsumsi Produk Susu

Beberapa produk susu yang dijual di pasaran seperti keju atau yogurt yang mengandung kalsium yang tinggi akan sangat baik dikonsumsi untuk membantu memutihkan dan menguatkan gigi kita. Jadi perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi terutama susu.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan komentar