Alami Mengobati Amandel

Amandel merupakan kelenjar getah bening yang berada pada belakang rongga mulut. Amandel berfungsi sebagai penyaring dan pelindung dari bakteri yang masuk ke mulut. Penyakit yang sering terjadi pada amandel disebut peradangan amandel. Kondisi ini terjadi karena adanya bakteri yang berlebihan melalui mulut.

Gejala Sakit Amandel

Tenggorokan mengalami rasa sakit
Sulit menelan makanan
Pembengkakan kelenjar getah bening pada rongga mulut
Badan merasa kedingin atau demam
Terkadang kehilangan suara sesaat

Cara Mengobati Amandel

Pembedahan yang dilakukan untuk mengobati penyakit amandel terkadang membuat takut bagi anak-anak dan sebagian orang dewasa. Jika Anda termasuk di antara kedua golongan tersebut cobalah mengobatinya dengan obat tradisional. Obat tradisional untuk sakit amandel dapat Anda ramu sendiri tanpa harus pergi ke dokter yang tentunya berbiaya mahal. Bahan obat tradisional sakit amandel sangat mudah kita peroleh.

Obat Tradisional Sakit Amandel

1. Obat herbal bubuk kering herba sambiloto

Caranya, sediakan 15 gram bubuk kering herba sambiloto. Seduh dengan air panas lalu biarkan sampai dingin. Kemudian campurkan madu dan aduk rata. Minum 2 kali sehari hingga peradangan amandel.

2. Akar beringin

Caranya, potong akar pohon beringin seperlunya. Kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga menyisakan 1 gelas rebusan air akar beringin. Setelah menjadi 1 gelas tambahkan cuka secukupnya dan biarkan rebusan dingin. Gunakan rebusan air akar beringin untuk obat kumur, ulangi sampai 3 kali sehari. Catatan : akar yang dipakai akar gantung bukan akar tanah pohon beringin.

3. Buah Mengkudu

Caranya, peras dan saring 2 buah mengkudu matang. Tambahkan sedikit air panas dengan madu secukupnya. Gunakan untuk berkumur lalu telan. Lakukan secara rutin 3 kali sehari.

4. Jeruk Nipis

Sama seperti pengolahan mengkudu, namun kombinasikan jeruk nipis dengan kapur sirih. Caranya, campur 3 perasan jeruk nipis dengan sedikit kapur sirih, kemudian aduk sampai rata. Minumlah sebelum tidur selama 3 hari berturut-turut.

Demikian beberapa cara tradisional untuk mengobati penyakit amandel. Bijak bestari berkata, jauh lebih sulit untuk membuat orang sehat daripada membuat mereka sakit.  Semoga informasi tentang cara pengobatan tradisional penyakit amandel ini bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Alami Mengobati Amandel”

Tinggalkan komentar