Alami Mengobati Diare

Diare merupakan penyakit pencernaan yang terjadi jika frekuensi buang air besar terlalu sering dan mengeluarkan kotoran encer. Kondisi ini dapat disebabkan oleh bakteri e. coli yang masuk ke dalam tubuh manusia. Kontaminasi bakteri terjadi karena sistem pengolahan makanan yang tidak sehat. Misalnya, malas membersihkan sayur dan buah sebelum dikonsumsi. Ada beberapa cara alami untuk mengobati diare. Berikut ulasannya.

Minum cuka apel
Minumlah cuka apel (apple cider vinegar) yang dicampur dengan jus atau air. Pakai sekurang-kurangnya 2 sendok makan cuka apel dan ulangilah hingga tanda-tanda diare menghilang.

Kunyit dan Air hangat
Kunyit dapat menenangkan perut, menyeimbangkan sistem pencernaan, dan menambah flora sehat di usus. Imbuhkan 1 sendok teh kunyit dengan air hangat. Ulangi dosis setiap hari hingga gejala diare berakhir.

Jauhi susu, telur, dan gandum dari diet harian
Susu, telur, dan gandum mengandung alergen yang tinggi dan dapat mengakibatkan diare apalagi bagi orang yang telah biasa makan makanan tersebut seumur hidup mereka. Sebagai alternatif, beralihlah ke makanan layaknya susu kedelai. Apabila kondisi pencernaan sembuh, perlahan-lahan Anda bisa kembali mengkonsumsi makanan tersebut.

Minum Teh hitam atau Teh pahit
Teh dapat jadi obat diare yang mujarab. Apabila tidak suka dan terasa pahit, Anda dapat menambahkan madu sebanyak dua sendok makan setiap satu cangkir teh. Minumlah teh hitam, raspberry, chamomile, jahe, dan teh blackberry di antara waktu makan guna menenangkan perut serta mencegah dehidrasi.

Minum Air
Sewaktu diare, tubuh mengeluarkan banyak cairan sehingga dibutuhkan tambahan pasokan cairan dengan banyak minum air. mengkonsumsi air yang cukup dapat menghindarkan dari dehidrasi. Cobalah meminum air putih, jus buah ataupun sayur bening yang kaya air.

Jauhi Mengkonsumsi Alkohol
Sistem percernaan terganggu sehingga usus tidak dapat bekerja disebabkan diare. Kondisi ini jangan diperparah dengan konsumsi minuman beralkohol.

Istirahat yang Cukup
Anda dapat menangani diare dengan beristirahat yang cukup. Jauhi tidur terlampau malam serta bangun terlalu pagi. Sistem percernaan juga butuh istirahat hingga dapat memulihkan diri dan sedia pada waktunya. Tidur yang cukup dapat menolong menyembuhkan diare yang Anda alami.

Daun Singkong
Daun singkong masih mudah Anda temukan di sekitar. Siapkan satu ikat daun singkong muda lalu rebus dengan 4 gelas air. Setelah air tersisa 2 gelas, angkat dan dinginkan. Minum ramuan alami obat diare tersebut 2 kali sehari pagi dan malam.

Buah dan Daun Jambu Biji
Anda dapat memakan secara langsung buah jambu biji yang masih muda atau mengkonsumsi pucuk daun jambu biji bersama dengan garam dapur. Obat tradisional diare ini akan bekerja secara langsung untuk menghentikan rasa sakit di perut.

Minum Oralit
Anda bisa memperoleh larutan oralit di puskesmas terdekat atau membuat sendiri dengan bahan-bahan dua sendok teh gula dan setengah sendok teh garam dapur kemudian dilarutkan ke dalam satu gelas air matang. Cairan ini ampuh untuk menghimpit frekuensi buang air besar yang tidak lazim.

Seorang bijak mengatakan, dari kepahitan penyakit manusia belajar manisnya kesehatan. Jagalah kesehatan Anda agar dapat menikmati indahnya hidup. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar