Alami Mengobati Kutu Air

Kutu air adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh gangguan jamur. Jamur ini dikenal dengan nama jamur dermatofit atau trikofiton. Pada umumnya jamur ini menyerang sela-sela jari kaki tapi juga dapat tumbuh di tempat lain seperti tangan dan pangkal paha.

Kutu air dapat disebabkan oleh kondisi udara yang terlalu lembab atau karena seringnya kaki terkena air. Tingkat sensitifitas kulit seseorang juga berpengaruh terhadap tumbuhnya kutu air di kulit.

Apabila kaki Anda terasa panas, perih, gatal dan bersisik serta kemerahan, itulah tanda awal gejala kutu air. Jika tidak segera mendapat penanganan, kondisi ini bisa semakin parah dengan melepuhnya kulit dan mengeluarkan nanah.

Penyakit ini rawan terjadi saat musim penghujan. Apa lagi bagi Anda yang tinggal di daerah langganan banjir karena kondisi kaki yang sering basah dan kotornya air. Untuk mengatasi kutu air, Anda dapat menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Berikut ulasannya.

Pertama, gunakan campuran air dan garam untuk mengatasi kutu air. Caranya campurkan garam secukupnya dengan air hangat untuk merendam kaki. Rendamlah kaki yang terkena kutu air selama 15 sampai 20 menit agar terasa lebih ringan dan rasa gatal di kaki bisa segera reda. Campuran garam dan air hangat dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab kutu air.

Kedua, gunakan teh sebagai pembasmi kutu air. Rendam enam kantong teh celup dengan satu setengah liter air hangat, biarkan hingga dingin. Gunakan untuk merendam kaki hingga rasa gatal di kakai terasa reda. Teh mempunyai asam tannic yang dapat membunuh jamur dan mengurangi rasa gatal pada kaki kita.

Ketiga, gunakan pasta gigi. Caranya oleskan pasta gigi pada kulit yang terjangkit kutu air. Pasta gigi akan membuat luka kutu air lebih cepat mengering sehingga cepat sembuh.

Demikian, tiga langkah mudah untuk menobati kutu air. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar