Alat Injeksi Motor

Saat ini industry sepeda motor di Indonesia telah memasuki era mesin injeksi serta mulai meninggalkan teknologi karburator. Salah satu kelebihan dari penggunaan mesin injeksi pada motor ini adalah lebih irit bahan bakar dibandingkan motor yang menggunakan teknologi karburator.

Hal tersebut membuat hampir semua industry sepeda motor di Indonesia berlomba-lomba menciptakan sepeda motor dengan mesin berteknologi injeksi. Alat injeksi motor atau dikenal dengan Electronic Fuel Injection (EFI) ini menggunakan sistem yang diatur secara komputer oleh perangkat elektronik yang bernama Electronic Control Unit (ECU).

ECU tersebut diibaratkan sebagai CPU pada computer kita, dimana dialah yang akan memproses permintaan dari sensor-sensor terapat pada bagian-bagian mesin tertentu. Hal tersebut membuat bengkel sepeda motor harus memiliki alat khusus yang disebut dengan diagnostic tool for fuel injection system yang digunakan untuk memperbaiki mesin injeksi motor.

Fungsinya adalah untuk mendiagnosa kerusakan sensor pada sistem injeksi. Dengan menggunakan alat semacam ini pekerjaan mekanik menjadi jauh lebih mudah, sehingga tidak perlu melakukan pengecekan tiap komponen maupun mengandalkan diagnostic lamp. Salah satu diagnostic tools yang saat ini mulai dipasarkan adalah HiDS HD-30 yang dikhususkan untuk sepeda motor Honda.

Alat ini mampu membantu bengkel-bengkel dalam melakukan analisis serta diagnosis atas alat-alat control elektronik yang ada pada sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi. HiDS juga mampu berkomunikasi dengan Engine Control Module (ECM) serta menampilkan data-data yang berupa sinyal dari ECM pada layar peraga.

Data-data yang bisa ditampilkan diantaranya data kesalahan sensor yang terdeteksi ECM, baik itu data kesalahan yang telah terjadi serta tersimpan di dalam memori ECM, atau data sedang terjadi yang terdeteksi ECM.

Data-data tersebut kemudian akan ditampilkan pada layar peraga HiDS. HiDS juga memiliki fasilitas untuk melakukan reset maupun menghapus data-data kesalahan yang tersiman di ECM dengan sangat mudah.

Selain itu, HiDS memiliki kemampuan menampilkan data-data pada saat sepeda motor berada dalam kondisi stationer, fungsinya adalah untuk melihat kinerja semua komponen injeksi pada saat kondisi mesin hidup. Demikianlah sedikit ulasan tentang alat injeksi motor. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar