Alat Komunikasi Tradisional Zaman Dahulu yang Sering Digunakan

Alat komunikasi pada zaman dahulu masih sangat sederhana jika dibandingkan dengan komunikasi yang canggih seperti saat ini.

Pada zaman dahulu masyarakat kita masih menggunakan alat dan cara tradisional sebagai media komunikasi, berikut selengkapnya.

Kentongan

tokopedia.com
tokopedia.com

Kentongan merupakan salah satu alat komunikasi tradisional. Keberadaan kentongan ini sudah lama dipergunakan oleh masyarakat indonesia seperti di pulau jawa dan daerah lainnya. Kentongan berguna untuk memberitahu penduduk atau warga bahwa akan atau telah terjadi sesuatu.

Kode atau isyarat yang digunakan untuk menandai suatu kejadian dengan kejadian lain tidaklah sama. Contohnya, isyarat kentongan yang menandakan akan datang bencana banjir tidak sama dengan isyarat adanya perayaan, kenduri dan kemalingan.

Walaupun perkembangan teknologi sekarang sudah sangat canggih, akan tetapi kentongan masih menjadi alat komunikasi tradisional yang masih digunakan hingga sekarang ini, khususnya di daerah pedesaan. Biasanya kentongan masih digunakan di pos keamanan untuk sarana ronda malam, dan sebagai penunjuk waktu.

Asap

adarvetranslations.com
adarvetranslations.com

Mayoritas orang zaman dahulu menggunakan asap untuk sarana komunikasi. Asap sangat populer dipergunakan oleh suku indian di Amerika sebagai media komunikasi sehari-hari. Asap ini berguna untuk mengirimkan sebuah pesan rahasia kepada teman atau musuh.

Tidak jauh berbeda dengan kentongan, komunikasi menggunakan asap juga mempunyai isyarat berbeda antara satu kejadian dengan kejadian lain. Contohnya jika hanya ada satu kepulan asap maksudnya peringatan, dua kepulan bisa berarti ada suatu bahaya, tiga kepulan bisa berarti ada suatu masalah atau minta pertolongan.

Tinggalkan komentar