5 Jenis Alat Musik Melodi Yang Wajib Kamu Ketahui

Alat musik melodi – Di dunia, terdapat banyak sekali macam dan jenis alat musik yang bisa kita temukan. Namun, secara umum alat musik terbagi menjadi 3 jenis, yaitu jenis alat musik ritmis, alat musik melodis, dan alat musik harmonis.

Kategori alat musik dibagi berdasarkan fungsi dan dalam suatu iringan musik. Artikel ini akan membahas satu jenis dari ketiga jenis alat musik yang sudah disebutkan yaitu jenis alat musik melodi.

Pengertian Alat Musik Melodi

Alat Musik Melodis merupakan alat musik yang bisa membunyikan melodi akan bertemu di dalam lantunan lagu. Pada umumnya alat musik ini kurang cocok jika dimainkan sendirian. Artinya, jika alat musik ini dimainkan bisa menghasilkan nada notasi seperti Do, Re, Mi, …dan seterusnya.

Bisa melengkapi bunyi-bunyian yang dihasilkan dari masing masing alat musik ritmis dan harmonis.Alat musik melodis bisa diartikan sebagai alat musik yang memiliki irama dan nada. Biasanya fungsi dari alat musik melodis ini adalah untuk mengatur nada dalam sebuah lagu atau musik.

Jenis Alat Musik Melodi

Ada banyak alat musik melodis yang dapat kita mainkan saat ini, ada yang sifatnya tradisional ataupun yang modern. Ragam jenis alat musik tersebut di bagi lagi berdasarkan pada cara memainkannya. Berikut beberapa jenis alat musik melodis berdasarkan cara memainkannya.

  • Dipetik, contohnya seperti kecapi, gitar, mandolin, dan sasando.
  • Ditiup, contohnya seperti pianika dan seruling.
  • Digesek, contohnya seperti biola.
  • Dihisap, contohnya seperti harmonika.
  • Ditekan, contohnya seperti piano dan akordion.
  • Digoyang, contohnya seperti angklung.

Contoh Alat Musik Melodis

  • Biola
photobuchket.com

Alat musik Biola merupakan contoh alat musik melodis. cara memainkannya adalah dengan cara digesek. Alat musik ini memiliki 4 dawai yang distel menggunakan interval sempurna (G-D-A-E). Bedasarkan tinggi rendah nada yang dihasilkan, biola dikelompokkan menjadi beberapa jenis diantaranya biola cello, biola alto, biola double bass dan kontra bass (biola yang memiliki nada tertinggi).

  • Akordion
akordion
studioznak.net

Contoh alat musik melodis yang selanjutnya adalah akordeon. Akordeon merupakan alat musik seperti organ yang dibunyikan dengan cara memompa bagian badan alat musik. Lalu tangan kiri pemain akan menekan tombol akor, sedang tangan kananya memainkan melodi dari lagu yang dibawakan.

  • Bonang
bonang
musiktabong.blogspot.com

Alat musik bonang merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jawa yang mana juga digolongkan ke dalam jenis alat musik melodis. Alat musik bisa dibunyikan dengan cara dipukul. Alat musik yang satu ini biasanya dipakai untuk pertunjukan wayang dan upacara adat Jawa lain.

  • Angklung
musiku.blogspot.com

Angklung merupakan contoh alat musik melodis tradisional yang berasal dari Sunda yang saat ini sudah dikenal dunia dan ingin dijadikan sebagai warisan dunia. Alat musik ini Terbuat dari bambu, Angklung dimainkan dengan cara menggoyangkan alat musik tersebut. Bunyi melodis yang dihasilkan adalah suara yang berasal dari benturan pipa bambu dengan kayu yang ada di dalam angklung.

  • Suling
sulingku.com

Alat musik tradisional yang satu ini juga berasal dari Jawa Barat. Ia termasuk ke dalam jenis alat musik melodis karena akan menghasilkan notasi atau nada yang indah jika dimainkan. Semuanya mungkin sudah tahu jika alat musik ini memang dimainkan dengan cara ditiup.

  • Kecapi
studioznak.net

Kecapi merupakan alat musik tradisional berasal dari Sunda. Kecapi di mainkan dengan cara dipetik, alat musik yang satu ini memiliki hasil nada yang cukup bagus untuk melodi. Kecapi bisa dimainkan secara tunggal namun juga bisa dimainkan juga sebagai pelengkap bunyi dan nada suatu musik.

Demikianlah pembahasan kita tentang Pengertian alat musik melodi dan jenis jenisnya. Mudah – mudahan bisa bermanfaat untuk kita semua. Jika ada salah kata mohon maaf sekian dan terimakasih banyak atas waktunya.

Tinggalkan komentar