in

Mau Hidupmu Lebih Berkah? Yuk Kita Lakukan 6 Amalan Ini di Pagi Hari

dainusantara.com

Apakah kamu pernah merasakan kegersangan dalam hidup? Walaupun kamu memiliki aneka prestasi ataupun kgesuksesan dalam karir, namun kamu tidak pernah merasa puas dan selalu merasa ada yang kurang.

Begitupula dengan penghasilan yang kamu dapatkan. Walaupun penghasilanmu berlimpah, tapi kamu selalu merasa tidak cukup, dan itulah yang membuatmu selalu mengejar harta dunia, sekalipun penghasilanmu sudah begitu luar biasa.

Dari kasus seperti di atas, mungkin orang-orang tersebut dijauhkan dari yang namanya keberkahan hidup, karena apapun bentuk kesuksesannya, itu tidak menjadikannya dekat dengan Allah, buktinya ia diselimuti kegalauan. Dan ini merupakan ciri orang-orang yang menjauh dan dijauhi oleh Allah.

Lalu, bagaimana caranya agar keberkahan itu mengiringi kehidupan kita? Sebelum kita membahas cara mendapatkan keberkahan hidup, mungkin kita perlu mendengar nasehat dari Ibnul Qayyim Rahimahullah, beliau berkata bahwa pagi hari bagi seseorang itu seperti waktu muda dan akhir harinya seperti waktu tuanya.

Nah, kira-kira pesan apa yang bisa kita petik dari nasehat Ibnul Qayyim Rahimahullah di atas? Yup, apalagi kalau bukan memanfaatkan waktu pagi sebaik mungkin, dan kamu perlu tahu bahwa inilah kunci keberkahan dalam menjalani hidup, yaitu mengisi pagi dengan melakukan banyak amal sholeh. Dan inilah 6 amalan yang akan membuat hidupmu menjadi lebih berkah.

Berdzikir

dakwatuna.com

Salah satu amalan yang perlu kita lakukan agar hidup kita berkah adalah dengan mengingat Allah di waktu pagi. Bukankah keberkahan hidup terletak dari ketenangan jiwa? Dan bukankah manusia akan tenang hidupnya jika mengingat Rabb-Nya?

Perintah berdzikir di waktu pagi ini seperti yang disampaikan oleh Allah dalam surat Al Ahzaab ayat 41-42, “Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang”. Sudah jelas kan perintah berdzikir di pagi hari ini, jadi segera berdzikir yuk!

Tilawah Alquran

madinatuliman.com

Tilawah Alquran merupakan salah satu bentuk dzikir juga yang mampu mendekatkan kita kepada Allah, karena di dalam Alquran banyak disebut nama Allah di dalamnya. Oleh karena itu, perbanyaklah tilawah Alquran ketika pagi hari. Insya Allah dengan begitu, Allah akan memberikan keberkahan menjalani hari kepada kita.

Mulailah Beraktivitas di Waktu Pagi

deviantart.com

Agar kita terhindar dari rasa malas dan menurunnya motivasi saat beraktivitas sepanjang hari, maka kita perlu menyiasatinya dengan memulai beraktvitas di waktu pagi. Kalau kamu tidak percaya, mungkin kamu perlu membandingkannya. Cobalah melakukan aktivitas lebih dini di waktu pagi, maka kamu akan merasa lebih produktif sepanjang hari. Hal ini berkebalikan jika kamu di waktu pagi bermalas-malasan dengan alasan mengumpulkan energi, bukannya energi yang terkumpul, justru kamu akan merasa lebih malas melakukan banyak hal.

Selain itu, Allah pun telah menjamin kemuliaan bagi mereka yang beraktivitas mulai pagi hari, hal ini seperti yang disampaikan oleh Allah dalam surat Ali Imran ayat 121, “Dan (ingatlah), ketika kamu berangkat pada pagi hari dari (rumah) keluargamu,  Allah akan menempatkan para mukmin pada beberapa tempat untuk berperang.”

Segerakan Mandi

intisari-online.com

Agar kamu merasa lebih segar untuk melakukan banyak hal sepanjang hari, maka bersegaralah mandi. Dengan kamu mandi, maka rasa kantuk pun enggan mengikuti kamu. Jadi kamu tidak akan tergoda dengan empuknya tempat tidur dan hangatnya selimut. Karena aktivitas di luar sana lebih menggairahkan minatmu.

Beramal

nashclothing.wordpress.com

Sebenarnya, beramal dan beraktivitas itu serupa tapi tak sama. Tapi kita spesifikkan beramal di sini adalah dengan melakukan kebaikan untuk orang lain. Nah, satu kebaikan yang tidak butuh banyak tenaga dan uang untuk melakukannya adalah dengan memberikan senyum terindah bagi orang di sekitarmu. Nah, di pagi hari, kita bisa memulainya dari hal kecil  ini dulu.

Sholat Dhuha

youtube.com

Membuka aktivitas kita di pagi hari, alangkah baiknya jika kita menunaikan sholat dhuha. Dengan melakukan sholat ini, maka secara tidak langsung kita telah memenuhi kebutuhan tubuh kita untuk bersedekah. Jika tubuh kita saja sudah sedekah, maka apa yang dilakukan oleh tubuh sepanjang hari insya Allah akan mendekatkan diri kita kepada Allah.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kenalan dengan Aneka Macam Sambal Yuk!

Ketika Anak Menangis, Bunda Hanya Perlu Melakukan Ini!