6 Amalan Sebelum Tidur

Nabi Muhammad sebagai contoh suri tauladan yang baik untuk kita tiru tidak hanya dalam soal ibadah melainkan juga dalam segala aspek kehidupan. Termasuk salah satunya hal hal atau amalan sebelum tidur yang bisa kamu contoh.

Sebagian besar dari kita sering lupa atau tidak mengerjakan amalan sebelum tidur ini. Apalagi kalau badan sudah letih karena bekerja seharian. Nah, berikut ini beberapa contoh amalan yang diambil dari hadits shohih.

1.Berwudhu

Berwudhu
satujam.com

Usahakan kamu dalam keadaan suci saat tidur sehingga disunnahkan untuk berwudhu sebelum tidur. Seperti dalam hadist yang diriwayatkan oleh Bukhori no 247 yang menyebutkan jika kamu ingin tidur maka hendaklah berwudhulah seperti wudhu sebelum sholat.

baca juga : tata cara wudhu

2. Hindari Tidur Tengkurap

Hindari Tidur Tengkurap
img.medscape.com

Posisi yang baik sesuai sunnah Rasul saat tidur adalah dengan menghadap kiblat dengan posisi jantung ada di atas dan tangan di pipi, hal itu sesuai sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Bukhori bahwa jika ketika kita tidur berbaringlah diatas rusuk sebelah kanan.

3. Membersihkan Tempat Tidur

Membersihkan Tempat Tidur
isikulkas.com

Jangan lupa untuk membersihkan tempat tidur hal itu sesuai hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim. Selain mengikuti sunah Rasul ada hikmah jika sebelum tidur kamu mau membersihkan tempat tidur seperti tidurmu akan terasa nyaman jika tempat tidur kita dalam keadaan bersih.

baca juga : keuntungan membersihkan tempat tidur

4. Segera Tidur Setelah Isya’

Segera Tidur Setelah Isya’
sehatcenter.com

Rasullulah bersabda bahwa untuk segera tidur janagan bergadang jika tidak ada hal yang penting. Hikmah dari tidur cepat itu adalah kita bisa bangun tengah malam sehingga kamu bisa melakukan sholat kiyamul lail.

5. Membaca Dzikir Sebelum Tidur

Membaca Dzikir Sebelum Tidur
apasajakusuka.com

Jika dibanding menghitung bintang atau anak domba alangkah jauh lebih baik jika kamu membaca dzikir sebelum tidur sebagai pengantar tidur. Faedahnya Jika ternyata ketika tidur kamu tidak bangun lagi atau meninggal dunia maka matimu diatas fitrah atau diatas islam. hal tersebut sesuai hadist Nabi yang diriwayatkan Bukhori.

simak juga : bacaan dzikir

6. Membaca Doa Sebelum Tidur

Membaca Doa Sebelum Tidur
http://arraziibrahim.com/

Doa sebelum tidur yang shahih ialah “Bismika allahumma ahya wabismika amuut”.

Itulah beberapa amalan sebelum tidur menurut Islam dan sesuai sunnah Rasulullah yang bisa kita amalkan. Sebenarnya ada banyak sekali amalan amalan yang bisa dirujuk ke kitab kitab ulama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu.

Tinggalkan komentar