Aman Bekerja Saat Hamil

Bukan suatu kesalahan apabila seorang ibu hamil bekerja di luar rumah. Asalkan ia memperhatikan pola hidup yang sehat agar kondisi tubuhnya tetap terjaga di tengah tuntutan pekerjaan yang padat. Jangan sungkan berbicara dengan departemen HRD jika Anda merasa akan terkena resiko kerja. Memang sudah sewajarnya, peraturan kesehatan dan keselamatan kerja melindungi ibu hamil dan bayi mereka di tempat kerja. Usahakan agar Anda dapat pindah posisi ke tempat kerja yang lebih aman.

Berikut adalah cara-cara yang dapat diterapkan oleh ibu hamil ketika berada di tempat kerja agar kondisinya tetap fit.

Evaluasi Ruang Kerja Anda

Buat posisi Anda senyaman mungkin dengan mengatur meja dan kursi di ruanh kerja Anda. Bekerja di depan komputer tidak akan membahayakan bayi Anda berkembang, tetapi wanita hamil lebih rentan terhadap mati rasa, jari pegal (carpal tunnel syndrome).

Hindari Pemakaian Sepatu Hak Tinggi

Penggunaan sepatu hak tinggi dapat menyebabkan peregangan otot-otot di daerah pinggang. Jika ibu hamil menggunakan sepatu dengan hak tinggi, peregangan otot di daerah pinggang dan punggung akan semakin bertambah, karena beban ke depan menjadi double, dari kehamilan itu sendiri dan juga dari sepatu hak tinggi. Hal ini mengakibatkan pinggang dan punggung terasa semakin sakit. Sepatu hak tinggi juga dapat mengganggu keseimbangan tubuh, terutama pada saat kehamilan mulai membesar. Resiko untuk jatuh akan semakin besar.

Cukup Istirahat

Jika tubuh dan pikiran Anda merasa lelah, beristirahatlah sejenak meskipun belum memasuki jam istrirahat. Jika Anda sudah duduk terlalu lama, berdirilah dan luruskan serta ggerak-gerakkan kaki Anda. Sebaliknya, jika Anda sudah berdiri terlalu lama, duduklah sambil mengangkat kaki secara lurus, gunakan kursi tambahan sebagai ganjalan.

Menerima Uluran Tangan Rekan Kerja

Jika ada kolega atau rekan kerja Anda yang ingin membantu pekerjaan Anda, maka biarkan mereka membantu. Anda beruntung memiliki rekan kerja yang peduli terhadap Anda. Berada dalam lingkungan yang mendukung adalah kondisi yang baik dan istimewa dalam hidup Anda.

Mengurangi Stress

Jika Anda tidak dapat menghilangkan faktor stres di tempat kerja Anda, cobalah untuk menemukan cara mengelola stress Anda. Misalnya, latihan pernafasan, yoga, peregangan atau hanya berjalan-jalan pendek.

Jaga Pola Makan

Sediakan selalu makanan kecil dan minuman di meja kerja Anda. Makanan berserat dan buah-buahan segar sangat dianjurkan karena bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Hindari makanan pemicu gula darah tinggi seperti makanan yang manis-manis, berlemak, goreng-gorengan, dan makanan tinggi kolesterol. Perbanyaklah minum air putih namun hindari minum kopi dan minuman beralkohol.

Gunakan Pakaian yang Nyaman di Badan

Gunakan pakaian yang dapat menyerap keringat, seperti katun. Hal ini berguna untuk menghindari gatal-gatal yang terjadi di sekitar perut saat kehamilan. Hindari pakaian yang terlalu ketat agar tubuh Anda dapat bernafas.

Tinggalkan komentar