Aman Bepergian Saat Hamil

Secara umum bepergian bagi ibu hamil di fase awal kehamilan adalah aman. Tidak ada alasan khusus bagi Anda untuk membatalkan rencana perjalanan, kecuali dokter menyarankan Anda tidak bepergian. Meskipun demikian, Anda tetap harus memperhatikan kiat khusus agar perjalanan tersebut aman dan menyenangkan.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan guna melakukan perjalanan selama hamil.

Lakukan Pemeriksaan

Lakukan check-up ke dokter kandungan sebelum melakukan perjalanan. Jika mungkin, miliki asuransi perjalanan untuk melindungi kehamilan Anda dari berbagai kemungkinan yang dapat terjadi, misalnya perawatan medis ketika melahirkan, melahirkan bayi secara prematur, dan biaya perubahan jadwal perjalanan pulang jika Anda tiba-tiba melahirkan di tempat tujuan.

Pemilihan Waktu

Jika tidak ada komplikasi pada kandungan, momen terbaik untuk melakukan perjalanan adalah pada periode 14 dan 28 minggu masa kehamilan. Cari tahu fasilitas perawatan kesehatan apa saja yang terdapat di tempat tujuan, untuk berjaga-jaga apabila Anda membutuhkan pertolongan medis yang mendesak. Bawalah cacatan medis agar Anda dapat memberikan informasi relevan mengenai riwayat kehamilan kepada dokter jika diperlukan.

Utamakan Kenyamanan

Pilih alas kaki, gunakan sepatu atau sandal dengan hak rata, gunakan pakaian yang nyaman. Usahakan untuk rileks dan jangan tegang. Cari posisi yang nyaman untuk duduk. Pikirkan hal-hal yang positif.

Mendengarkan Musik

Musik bisa membuat ibu hamil lebih rileks. Musik juga dapat memberi ketenangan untuk calom bayi. Dengarkan musik bernada pelan sambil menikmati perjalanan.

Bawa Selalu Makanan dan Minuman

Bawalah beberapa makanan kecil untuk mencegah mual. Pilih cemilan yang bergizi dan tentunya tidak berbahaya untuk kandungan. Untuk air minum, pilih air minum kemasan agar lebih praktis dan terjamin kualitasnya.

Demikian beberapa cara bagi ibu hamil yang sedang bepergian. Semoga Anda selamat sampai tujuan.

Tinggalkan komentar