Anak Ikut Memasak Bersama Ibu? Ternyata Banyak Manfaatnya Lho

Memasak adalah hal wajib yang seorang ibu harus bisa lakukan ketika di rumah. Karena, menyiapkan makanan hangat dan bergizi itu menjadi hal yang sangat berharga untuk membantu tumbuh kembang anakmu.

Tapi, seberapa sering nih kamu sebagai ibu melibatkan anak-anakmu untuk membantu dalam kegiatan di dapur untuk memasak bersama? Entah itu membuat makanan utama atau hanya cemilan ringan untuk disantap saat santai saja.

Mungkin belum banyak dari ibu-ibu yang mau membawa anak-anaknya untuk membantu di dapur ya? Barangkali dengan alasan keselamatan atau si anak hanya akan mengganggu saja kegiatan kamu untuk memasak.

Memang benar, memasak sendiri tanpa anak akan membuat makanan lebih cepat tersaji dan lebih bersih juga. Tapi, ternyata, keterlibatan anak-anak ketika memasak itu bisa memberikan banyak manfaat lho. Mau tahu apa aja manfaatnya memasak bersama anak? Simak bersama yuk!

Anakmu Akan Belajar Arti Kehidupan

momland.wordpress.com

Memasak itu meski terlihat mudah, tapi butuh effort juga lho. Kadang kala kamu berpikir bahwa masakan yang kamu masak itu akan sesuai dengan harapan. Dari cara membuatnya, rasanya hingga penampilan akhirnya.

Akan tetapi, tak semua harapan itu bisa terealisasi dengan baik. Ada kalanya masakan kamu terlalu hambar, asin atau berpenampilan kurang menarik. Dan dari sinilah, seorang anak yang kamu libatkan untuk memasak bersama itu bisa memaknai kehidupan dengan baik.

Walau kamu beranggapan sudah melakukan sesuatu dengan baik, belum tentu hasilnya itu sebaik yang kamu harapkan. Kira-kira itulah pelajaran yang bisa didapatkan.

Anak Bisa Diajak Bekerja Sama

www.youtube.com

Tidak semua anak bisa mengerti dan paham ketika orang tuanya membutuhkan bantuan dalam melakukan suatu pekerjaan. Beda cerita jika kamu melibatkan anakmu untuk ikut serta dalam kegiatan masak bersama.

Karena, anak yang terbiasa untuk memasak akan mengerti artinya bekerja sama. Dirinya akan lebih paham bahwa dengan bekerja sama, pekerjaan akan lebih mudah dan lebih cepat untuk diselesaikan.

Kalian Akan Memiliki Waktu yang Berkualitas

nurulnoe.com

Memasak bisa menjadi hal yang menyenangkan untukmu dan anakmu. Kamu bisa mengenalkan hobimu memasak atau bahkan menularkannya pada mereka. Dengan begini, kalian akan lebih banyak untuk memiliki waktu bersama.

Ketika kalian belanja bersama, menyiapkan semua bahan dan peralatan yang akan digunakan, hingga mengolah bahan dan memasaknya. Itu semua akan menjadi bagian paling menyenangkan ketika memasak bersama. Dan yang terpenting, kalian akan menjadi lebih dekat nantinya.

Anak Bisa Bereksperimen

wilayah14bia.blogspot.com

Memasak mungkin akan menjadi hal baru yang akan dilakukan oleh anakmu. Ajarkan dia dengan cara yang baik dan penuh kesabaran, jangan marahi mereka jika melakukan kesalahan. Sebab, ini adalah eksperimen bagi mereka untuk membuat suatu hidangan dan memberikan rasa pada masakannya.

Ketika mereka sudah terbiasa memasak dan bereksperimen di dapur, maka mereka tidak akan terlalu takut jika harus mencoba untuk melakukan hal baru dalam kehidupannya.

Belajar Bertanggung Jawab

www.mamapeduli.info

Ketika memasak, tak jarang dapur menjadi berantakan dan banyak sekali bahan makanan yang berserakan disana. Maka, ajarkan juga anakmu untuk turut membersihkannya. Jadi, memasak itu bukan hanya menghasilkan makanan enak saja, tapi juga menjaga kebersihan dapur.

Dengan cara ini, anak akan bisa belajar bertanggung jawab dengan perbuatan yang telah mereka lakukan selama berada di dapur.

Lebih Menghargai Makanan

islamicpreschool.blogspot.com

Karena ia ikut membantu dalam memasak makanannya, maka, anak pun akan merasa sayang jika makanan yang telah dibuatnya tidak dihabiskan. Sebab, ketika memasak, ia telah mengeluarkan segala usahanya untuk menghidangkan makanan yang super lezat.

Maka, anakmu pun bisa lebih menghargai makanan dan tak akan menyia-nyiakannya begitu saja.

Tinggalkan komentar