Bingung Saat Anak Sakit? Intip Solusinya Yuk!

Kondisi yang membuat para orang tua seringkali panik adalah kondisi ketika di mana anaknya sakit. Rasa cemas, takut dan lain sebagainya bercampur jadi satu di kondisi tersebut. Belum lagi kalau anak merengek dan nangis nggak berhenti-berhenti, pastinya orang tua kebingungan bagaimana cara menanganinya.

Tapi, kalau kita terjebak pada kebingungan, apakah permasalahannya akan teratasi? Tentu tidak kan? Oleh karena itu, salah satu solusinya kita perlu belajar penanganan pertama pada anak yang sakit. Jadi saat anak sakit, kita sudah tau apa yang harus kita lakukan. Hal ini sangat bermanfaat, selain kita tidak panik, kita pun tidak perlu terburu-buru membawa anak ke dokter atau memberikan obat kimia kepada anak.

Wah, sepertinya kita memang perlu belajar kalau begitu. Tapi tempat belajarnya di mana ya? Tentunya kita bisa belajar pada ahlinya, bisa juga belajar dari orang yang lebih berpengalaman atau kita pun bisa membacanya dari berbagai sumber bacaan. Nah, secara sekilas, kita intip yuk beberapa solusi saat anak sakit di sini!

Jika Anak Demam

konsultasisehat.com

Saat anak kita mengalami demam, berarti ini mengindikasikan bahwa tubuh anak sedang mengalami sesuatu. Bisa jadi sedang tumbuh gigi atau pun anak mengalami peradangan di salah satu organ tubuhnya. Jika anak demam seperti ini, apa yang bisa kita lakukan?

Jika anak demam, maka kita bisa mengenakan baju yang tipis kepada anak kita. Setelah itu kita bisa mengompresnya dengan air hangat. Untuk menurunkan demamnya juga, kita bisa membalur tubuhnya dengan bawang merah yang sudah dihaluskan. Agar anak tetap berenergi dan tidak kekurangan cairan saat demam, maka kita bisa memberikan madu yang dicampur dengan air kelapa muda.

Pilek dan Hidung Tersumbat

makanan-bayisehat.com

Bagaimana rasanya saat kita pilek dan hidung tersumbat? Tentunya rasanya nggak enak, susah tidur dan seringkali diiringi dengan demam. Nah, jika kita merasakan hal demikian, maka ketika anak mengalami pilek dan hidung tersumbat, anak pun merasakan hal yang sama. Oleh karena itu jangan heran jika anak akan sangat rewel dan merengek-rengek sepanjang malam.

Jika anak kita pilek dan hidung tersumbat, maka yang bisa kita lakukan adalah menyiapkan air panas yang ditetesi minyak telon atau minyak kayu putih. Jika anak sudah agak besar, kita bisa memintanya untuk menghirup uap airnya. Namun untuk anak yang masih kecil, kita bisa letakkan air panas tersebut di sudut ruangan agar uapnya terhirup.

Batuk

youtube.com

Sama halnya dengan pilek, batuk pun membuat anak tidak nyaman. Apalagi anak belum bisa mengeluarkan dahak dari tenggorokannya sendiri. Jika anak-anak batuk, maka tenggorokannya pun akan terasa sakit. Selain itu, tidak jarangĀ  juga anak akan muntah jika batuknya tidak berhenti-berhenti.

Untuk membantu anak dalam kondisi ini, kita bisa memberinya perasan jeruk nipis yang dicampur madu bisa juga kita memberinya bunga belimbing yang dicampur madu atau kencur yang dicampur madu. Penggunaan madu di sini, agar rasa dari jeruk nipis, bunga belimbing atau kencur bisa diterima di lidah anak.

Diare

blogmedia.web.id

Salah satu penyakit yang seringkali diderita oleh anak dan tidak boleh kita sepelekan adalah diare. Jadi, kalau anak sedang diare, maka kita perlu segera memberikan pertolongan pertama untuknya. Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan memberikan anak minum yang banyak agar tidak dehidrasi. Selain itu, kita pun bisa memberinya oralit yang berupa campuran air, garam dan gula, atau kita pun bisa memberinya daun jambu biji muda yang dihaluskan.

Tinggalkan komentar