5 Hal yang Terjadi Jika Ayah Absen dari Hidup Anak

“Saya tidak bisa menemukan kebutuhan anak yang lebih kuat daripada perlindungan dari seorang ayah.”

Sigmund Freud

Dalam artikel Inilah 4 Akibat Ayah Tidak Terlibat dalam Pendidikan Anak, dijelaskan apa yang terjadi jika anak tinggal bersama ayah namun sang ayah tidak aktif mendidik anak. Namun apa yang terjadi kalau ayah benar-benar absen dari hidup  anak?

1

Statistik akibat absennya ayah dari hidup anak

 

Dalam buku 52 Things Kids Need from A Dad, Jay Payleitner mengungkap 5 statistik akibat absennya ayah dari hidup anak.

  1. 85% pemuda yang menjadi narapidana tumbuh di rumah tanpa ayah (fatherless home)
  2. Anak-anak yang jauh dari ayahnya berpeluang 4,3 kali lebih besar untuk merokok dibanding anak-anak yang tumbuh bersama ayahnya
  3. Anak yang tumbuh tanpa ayah berpeluang 2 kali lebih besar untuk drop outdari sekolah, berpeluang 2 kali lebih besar untuk masuk penjara, dan berpeluang 4 kali lebih besar untuk butuh konsultasi emosional.
  4. 3 dari 4 remaja yang bunuh diri berasal dari rumah single parent
  5. Remaja wanita berusia 15-19 tahun yang dibesarkan di rumah tanpa ayah jauh lebih berisiko melakukan hubungan seksual di luar nikah dibandingkan remaja yang tinggal bersama ayah dan ibunya

2

Kehadiran ayah, solusi bagi bangsa ini, dan juga bagi masa depan keluarga

 

Merasa ngeri dengan statistik tersebut? Justru sebaliknya. Dengan mengetahui statistik ini, justru kita jadi tahu kalau solusinya adalah menghadirkan sosok ayah dalam kehidupan anak.

Kita perlu berhenti menyalahkan para ayah karena telah menyebabkan masalah ini. Menyalahkan ayah justru membuat laki-laki semakin jauh dari keluarganya. Ayah menjadi ragu bahkan hanya untuk memeluk anak-anaknya sendiri.

Laki-laki perlu mendengar lebih banyak kata-kata penyemangat. “Ayah, kamu sangat berarti dalam hidup anakmu!” “Anak-anakmu membutuhkanmu.” “Istrimu butuh kamu untuk ikut terlibat dalam keseharian pendidikan anak.”

Tanpa role model pria yang kuat, keluarga yang menderita, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Tanpa sosok pria yang baik, anak-anak membuat keputusan yang salah. Jalanan di malam hari jadi tidak aman. Para remaja berpaling dari ajaran agama. Potensi kebangkitan bangsa ini lenyap.

Ya, ayah itu sangat penting. Butuh bukti lebih banyak?

Tanya saja anakmu.

Tinggalkan komentar