Pentingnya Analisis SWOT dalam Memulai Bisnis

Dalam memulai suatu bisnis, perencanaan menjadi tahap pertama yang harus dilewati. Perancanaan yang baik akan menghasilkan kesuksesan. Tanpa perencanaan yang matang, mustahil bisnisnya akan berjalan dengan lancar. Sesuai kata pepatah, gagal dalam berencana sama saja dengan merencanakan kegagalan.

Jadi, perencanaan yang matang sudah menjadi keharusan dalam memulai suatu bisnis. Salah satu alat yang bisa digunakan untuk melakukan perencanaan yaitu Metode Analisis SWOT. Analisis SWOT bisa diterapkan pada semua aspek, tidak hanya untuk keperluan bisnis saja.

bizbingo.blogspot.com
bizbingo.blogspot.com

Metode analisis SWOT akan menganalisa sisi internal dan eksternal dari bisnis yang akan kamu mulai. Analisa internal mencakup kekuatan (strengths) dan kelemahan (weakness). Sedangkan analisa eksternal mencakup peluang (opportunities) dan ancaman (threaths).

Setelah melakukan analisis SWOT kamu akan mengetahui kekuatan (strengths) yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan (advantage) sebesar-besarnya dari peluang (opportunities) yang ada. Baca juga : 150 Peluang Usaha Modal Kecil.

Kamu juga akan mengetahui beberapa kelemahan (weakness) yang bisa saja menjadi penghalang untuk mendapatkan keuntungan (advantage) yang besar dari peluang (opportunities) yang ada di depan mata.

Dari kekuatan (strengths) yang kamu miliki, kamu harus bisa mengatasi kelemahan (weakness) yang ada dan mengurangi timbulnya ancaman (threaths) supaya peluang (opportunities) yang ada bisa tetap dimaksimalkan.

Selanjutnya hasil dari analisis SWOT bisa digunakan untuk memperkirakan strategi terbaik dalam menjalankan bisnis. Tentunya implementasi dari hasil analisis SWOT juga bergantung kepada situasi dan kondisi yang ada, baik itu sisi internal maupun sisi eksternal dari bisnis yang akan kamu jalankan.

Tinggalkan komentar