Kenalan dengan Aneka Macam Sambal Yuk!

Bagi kamu penyuka pedas, tentu akan merasa kehilangan jika makan tidak menggunakan sambal. Karena bagi penyuka pedas, makan tanpa sambal itu seperti ketika ketika kita makan sayur nggak pakai garam, mungkin perumpamaannya bisa diibaratkan seperti itu.

Nah, jadi jangan heran jika kamu punya teman penyuka pedas yang tidak selera makan ketika tidak bertemu sambal di meja makan, sekalipun hidangan yang lain begitu lezat dan menggiurkan. Wah, kalau kita punya teman yang berkunjung ke rumah dan suka pedas, berarti kita perlu menyediakan sambal dong! Repot juga ya kalau begitu.

Menyediakan dan membuat sambal itu nggak repot kok, kita hanya perlu bahan-bahan sederhana untuk membuatnya. Untuk menyediakan atau membuat sambal, yang kita perlu tahu adalah jenis-jenis sambalnya saja, karena tidak semua sambal cocok dimakan untuk semua jenis makanan lho! Itu pun sudah diketahui oleh mereka yang meyukai dunia persambalan.

Untuk kamu yang belum tahu jenis-jenis sambal, mungkin kamu perlu berkenalan dengan aneka macam sambal berikut ini, siapa tahu setelah berkenalan, kamu pun akan menyukainya. Bagaimana? Kamu mau kenalan nggak? Kalau mau langsung kita lihat bersama yuk!

Sambal Terasi

masakanlezat.com

Sambal fenomenal yang banyak disukai banyak orang ini adalah sambal terasi. Sebenarnya sambal terasi nggak ada bedanya dengan sambal pada umumnya yang dibuat dari cabe, bawang merah, sedikit bawang putih, garam dan tomat. Namun yang menjadikan sambal ini khas karena ditambah terasi ke dalam sambalnya.

Penambahan terasi ke dalam sambal tentunya membuat perubahan yang cukup signifikan terhadap rasa sambalnya. Sambalnya akan terasa lebih gurih, karena terasi dibuat dari bahan baku udang yang dikeringkan dan dihaluskan. Tapi untuk sebagian orang yang tidak menyukai baunya, biasanya menghindari penggunaan terasi pada sambal yang akan mereka makan.

Sambal Korek

ayamgorengnelongso.com

Jika sambal terasi terkenal dengan cita rasanya yang pedas, namun berbeda dengan sambal korek. Sambal korek lebih terkenal dengan tingkat kepedasannya yang luar biasa dahsyat. Jadi buat kamu para maniak pedas, maka sambal korek cocok untuk kamu.

Cara membuat sambal korek pun tergolong mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan cabe rawit merah yang pedas, bawang putih, bawang merah dan garam. Semua bahan ini kamu haluskan jadi satu, setelah halus, kamu tinggal menyiramnya dengan minyak panas saja. Dengan begini, maka sambal korek buatan kamu pun bisa segera disantap dengan bebek goreng, ayam goreng ataupun ikan bakar.

Sambal Ijo

youtube.com

Untuk sambal yang satu ini, bisa jadi ada dua persepsi sambal yang dimaksud. Pertama bisa jadi sambal ijo yang dimaksud adalah sambal korek yang terbuat dari cabe ijo yang rasa pedasnya tidak kalah dengan sambal korek dan yang kedua, sambal ijo yang dimaksud adalah sambal padang yang warnanya sama-sama ijo, namun tingkat kepedasannya bervariasi.

Tapi apapun sambal ijo yang dimaksud, keduanya sama-sama menggugah selera para pencinta rasa pedas. Pasalnya kedua sambal ini punya ciri khas yang membuatnya banyak dicari orang. Jadi apapun nama dan rasa sambalnya, yang penting dua-duanya sama-sama berwarna ijo.

Sambal Goreng

kihine.wordpress.com

Buat kamu yang tidak terlalu suka pedas, maka kamu pasti akan cocok dengan sambal yang satu ini. Kenapa cocok? Karena sambal goreng rasanya tidak terlalu pedas. Sambal ini diberi tambahan tomat ke dalamnya, sehingga rasa pedasnya pun bisa diterima oleh lidah. Oleh karena itu, biasanya sambal ini selalu menemani opor ayam ketika hari raya tiba.

Tinggalkan komentar