Sumpah, Aneka Masakan Soto Khas Nusantara Ini Bikin Kamu Ngiler

ANEKA MASAKAN – Soto merupakan makanan khas Indonesia yang sangat terkenal. Soto ini terdiri dari kuah kaldu daging, sayuran, irisan daging dan sambal khas daerah masing-masing.

Soto ini biasanya menggunakan daging ayam atau sapi. Namun, di daerah tertentu ada yang menggunakan daging kerbau dan kambing. Berbagai daerah di Indonesia memiliki resep soto sendiri yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Untuk mengetahui berbagi jenis soto di Indonesia, berikut beberapa aneka masakan soto dari beberapa daerah di Indonesia.

 

Soto Sokaraja

www.resepgratis.com
www.resepgratis.com

Indonesia memiliki banyak sekali jenis soto. Masing-masing soto memiliki rasa khas yang berbeda-beda. Salah satu resep soto yang ada di Indonesia adalah soto sokaraja. Soto sokaraja merupakan salah satu makanan khas daerah Sokaraja, Purwokerto.
Nama soto tersebut biasanya disesuaikan dengan nama daerah dimana soto tersebut berasal. Soto sokaraja ini memiliki kuah bening karena bahan yang digunakan adalah jahe dan serai. Selain itu, ada tambahan bahan rempah-rempah lainnya.

Soto Santan Tetelan

www.griyawisata.com
www.griyawisata.com

Soto santan tetelan merupakan variasi resep soto yang terbuat dari santan dan tetelan sapi. Menu soto yang satu in berbeda dengan soto lainnya. Pada umumnya, tidak ada bahan santan pada resep soto. Namun, untuk soto kali ini ada menggunakan bahan santan. Selain itu, isian yang digunakan biasanya adalah daging ayam atau sapi. Namun untuk kali ini adalah tetelan sapi.

Soto Kudus

http://bandung.panduanwisata.id/
http://bandung.panduanwisata.id/

Soto Kudus merupakan masakan khas Kudus, Jawa Tengah. yang berasal dari Kudus, Jawa Tengah. Soto kudus terdiri dari dua jenis, yaitu soto ayam dan soto kerbau. Soto Kudus tidak menggunakan daging sapi. Kamu jug akan kesulitan mencari makanan yang terbuat dari bahan baku sapi. Daging kerbau lah sebagai ganti daging sapi.

Kuah soto kudus memiliki ciri khas, yaitu berwarna kuning karena bumbunya mengandung kunyit.Biasanya, penyajian soto kudus ini menggunakan mangkuk kecil. Agar tambah nikmat, tambahkan tauge dan bahan pelengkap lainnya. Namun, tauge dan bahan pelengkap lainnya sebaiknya dipisah dari mangkok soto.

Soto Sulung Surabaya

Soto Kudus
resepmasakanspesial.com

Bagi kamu yang tinggal di Surabaya atau saat ini sedang berkunjung ke Surabaya, rasanya rugi kalau belum mencicipi soto sulung surabaya ini. Tidak hanya namanya soto sulung, namun lokasi warung soto tersebut juga terletak di jalan sulung.

Soto sulung ini sebenarnya tidak jauh berbeda rasanya dengan soto madura. Mungkin, hal yang membuat beda dengan soto madura adalah cara pengolahannya. Selain itu, soto sulung juga menggunakan daging dan jeroan yang menjadi ciri khas soto ini. Soto sulung ini sangat enak jika disantap dalam keadaan hangat, apalagi jika ditambah kecap manis, jeruk, dan sambal.

Soto Lamongan

marimangan.com
marimangan.com

Soto Lamongan merupakan salah satu makanan khas Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Saat ini, soto lamongan tidak hanya ada di Lamongan saja, namun di berbagai daerah di Indonesia sudah banyak yang menjual soto lamongan, baik di pelosok kampung, pujasera, mall, depot warung makan, bahkan di dalam pasar.

Salah satu tempat yang cukup terkenal adalah soto lamongan yang berada di Surabaya, tepatnya di Jalan Amebengan, Surabaya. Soto lamongan ini memiliki ciri khas yang banyak disukai orang, yaitu terdapat bumbu koya. Bumbu koya ini terbuat dari bawang goreng kering yang dicampur dengan kerupuk udang, lalu dihaluskan.

Coto Makasar

Coto Makassar, Makanan Khas Daerah Makasar
pimentious.com

Coto Makasar merupakan makanan khas daerah Makasar, Sulawesi Selatan. Coto makasar biasanya menggunakan daging dan jeroan sapi yang direbus. Daging dan jeroan sapi ini kemudian dipotong-potong, lalu dibumbui dengan bumbu khusus.

Coto makasar ini biasanya dihidangkan di dalam mangkuk dan di makan dengan ketupat dan burasa. Saat ini, coto makasar sudah menjamur di berbagai daerah di Indonesia, mulai dari warung pinggir jalan sampa restoran.

Soto Padang

nailandra.blogspot.com
nailandra.blogspot.com

Salah satu hidangan yang sangat populer di ranah pinang adalah soto. Karena soto ini berasal dari Padang, Sumatra barat, maka masyarakat di luar minang menyebutnya soto padang.

Soto padang ini memiliki cita rasa yang khas, yaitu pedas dengan taburan daging kering. Soto padang biasanya dihidangkan dengan tambahan perkedel atau kripik kentang dan yang paling umum biasanya dihidangkan dengan kerupuk merah. Menurut orang minang, jika tidak ada kerupuk merah, kurang mantap saat di santap. Satu lagi khas dari soto padang ini, yaitu sambalnya harus ditumis terlebih dahulu.

Tinggalkan komentar