Penjelasan Mengenai Angin Darat Dan Angin Laut

ANGIN DARAT DAN ANGIN LAUT – Sistem angin dibedakan menjadi dua jenis yaitu angin yang bersifat lokal dan yang bersifat umum. Angin bisa bersifat sebagai angin lokal apabila angin tersebut cuma terjadi di daerah tertentu saja yang dipengaruhi oleh keadaan setempat.

Angin Darat Dan Angin Laut

Angin Darat Dan Angin Laut
simplenews05.blogspot.co.id

Angin laut dan juga angin darat adalah termasuk angin yang bersifat lokal, sama halnya dengan angin gunung, angin lembah, angin fohn dan yang lainnya.

Angin Laut

Angin Darat Dan Angin Laut
komariyahkokom.wordpress.com

Angin laut merupakan angin yang pergerakannya dari laut ke daratan. Terjadinya angin laut pada siang hari, disaat matahari mulai menyinarkan panasnya. Daratan merupakan benda padat yang mampuh menyerap panas yang dipancarkan matahari, jauh lebih cepat dibanding lautan yang termasuk benda cair.

Penyebab dari hal ini adalah suhu di atas daratan yang lebih tinggi dibanding suhu di atas lautan, begitu juga udara di atas daratan lebih cepat memanas dan naik. Tekanan tempat yang ditinggalkan lebih rendah, sehingga segera akan diisi dengan udara dari lautan yang berpindah tempat ke daratan.

Maka dari itu terjadilah angin laut. Mulai terjadinya angin laut pada siang hari sekitar jam 09.00 WIB, waktu semakin siang embusan angin pun semakin kencang. Angin laut akan mengembus lebih kencang sekitar pukul 15.00 WIB.

Angin Darat

Angin Darat Dan Angin Laut
komariyahkokom.wordpress.com

Angin darat merupakan udara yang bergerak atau menghembus dari daratan ke lautan. Angin darat biasanya terjadi pada malam hari, yang mama ketika matahari sudah tidak lagi memancarkan panasnya. Daratan yang lebih cepat dalam menyerap panas matahari, panas akan terlepas dengan lebih cepat pula.

Maka suhu yang ada diatas daratan segera menjadi lebih dingin daripada suhu di atas lautan. Dikarenakan suhu diatas lautan lebih panas, maka udara terdorong ke atas dikarenakan tekanan udara di atas lautan lebih rendah.

Banyak tempat yang kosong yang ditinggalkan udara yang naik, maka udara dari atas daratan mengalir ke lautan untuk mengisi wilayah yang kosong itu, sehingga terbentuklah angin darat. Terjadinya angin darat pada malam hari sekitar pukul 21.00 WIB. angin darat akan mengembus kuat pada waktu matahari mulau terbit

Tinggalkan komentar