Sejarah Beserta Pengertian Angin Muson Barat yang Harus Kamu Ketahui

ANGIN MUSON BARAT – Hai sobat satujam! Setelah kita membahas angin fohn pada kesempatan sebelumnya, maka pada kesempatan ini kita akan membahas tentang angin muson barat. Sebelumnya tahukah anda apa it ingin muson barat dan semua yang berkaitan dengannya?

Nah, bagi anda yang belum tahu ataupun lupa serta penasaran untuk mendalaminya, mari kita simak penjelasan angin muson barat sampai selesai. Angin muson barat biasanya berhembus dalam waktu setahun sekali atau lebih tepatnya 6 bulan sekali. Sebaiknya, kita pelajari terlebih dahulu sejarah dari angin muson barat.

Sejarah Angin Muson

Angin Muson Barat
blognya-nay.blogspot.co.id

Sebenarnya kata “muson” berasal dari kata “mosem” yaitu dalam bahasa Arab, yang mempunyai arti musim. DI darah sepanjang pesisir Samudera Hindia ¬†terlebih di laut Arab, angin muson biasanya lebih merujuk pada musiman perubahan arah angin.

Pelaut pertama yang menggunakan dan memanfaatkan angin muson untuk mempercepat saat berlayar menyeberangi Samudera Hindia. Nama kuno dari angin muson adalah Hippalus, orang-orang Yunani sering memanfaatkan angin muson ini dalam 6 bulan sekali. Orang Yaman pun juga memanfaatkan angin muson untuk perdagangan dengan India.

Angin Muson Barat di Indonesia

Angin Muson Barat
i.ytimg.com

Angin muson barat pernah berhembus di Indonesia pada bulan Oktober-April. Bertiupnya angin muson ini di saat matahari berada di belahan bumi selatan. Dengan hal itu, Benua Australia yang sedang berada pada musim panas menjadi musim hujan. Sebab, tekanan minimum dan benua Benua Asia lebih dingin, serta tekanan maksimumnya bersifat basah.

Penyebab bertiupnya angin ini adalah adanya perbedaan tekanan udara yang berada di belahan bumi utara dan selatan. Yang mana pada saat itu udara yang ada di belahan utara mengalami musim dingin, sehingga mengakibatkan tekanan yang berada di belahan bumi utara lebih tinggi dari belahan bumi selatan.

Dari itu, angin berhembus dari arah utara (Samudera Pasifik) menuju Australia yang mana melewati negara Indonesia terlebih dahulu. Nah, hal itulah yang mengakkibatkan angin muson barat terjadi di Indonesia. Sekiranya pembahasan mengenai angin muson sudah cukup jelas dan sudah bisa dipahami.

Semoga dengan ulasan-ulasan di atas bisa menambah pengetahuan kita mengenai angin muson barat dan bagaimana terjadinya angin muson barat di Indonesia. Dan juga bisa bermanfaat untuk kita semua, wassalam.

Tinggalkan komentar