in , ,

Animisme adalah Beserta Pengertian Dinamisme

animisme adalah
via blogspot.com
Pengertian Animisme adalah Secara umum dan Pengertian Animisme berdasarkan definisi para ahli berpendapat bahwa Pengertian Animisme adalah suatu keyakinan bahwa roh atau jiwa tak cuma ada di tubuh manusia, melainkan pula di suatu benda benda tertentu.

Sebagian roh roh tersebut bisa berlaku baik, namun ada juga yang bisa berlaku buruk. Setiap manusia harus memujanya disertai dengan menyerahkan sesajen supaya roh roh tersebut tidak bertindak buruk.

Seandainya jika ada manusia yang sudah meninggal, jadi rohnya tersebut akan meninggalkan tubuhnya tersebut selamanya. Adapun roh yang meninggalkan tubuh manusia dengan waktu selamanya mereka namakan dengan sebutan arwah.

Animisme Adalah

animisme adalah
via blogspot.com
Berdasarkan keyakinan animisme, arwah dari tubuh orang yang meninggal akan tetap hidup di negeri arwah mirip dengan kehidupan manusia.

Animisme asalnya dari bahasa latin yakni anima yang maknanya adalah roh, keyakinan animisme percaya kalau segala benda yang ada di bumi ini misalnya suatu daerah, laut, gunung, gua, sungai, pohon serta batu berukuran besar mempunyai jiwa yang patut untuk dihormati supaya tak membuat gangguan pada manusia.

Namun justru dapat membantu kehidupan mereka.

Adapun beberapa bentuk penghormatan para penganut animisme kepada kepercayaannya tersebut yaitu dengan melaksanakan pemujaan serta menyerahkan sesaji.

Adapun bagian dari kepercayaan ini yaitu masuknya arwah orang mati yang bisa merasuk ke dalam tubuh binatang.

Mereka dikatakan juga bisa bersemayam di dalam kubur, makanya mereka ditakuti. Menurut kepercayaan masyarakat ketika itu, mereka menganggap arwah orang orang penguasa misalnya kepala suku serta nenek moyang suci.

Dengan begitu, mereka menghormati orang orang terkemuka tersebut. Oleh karena itu, munculah suatu kepercayaan yang memuja arwah dari nenek moyang atau kita kenal dengan sebutan animisme.

Beberapa peninggalan sejarah terutama zaman Megalithikum dapat ditemukan di daerah sekitar gunung maupun gunung, lantaran mereka menganggap bahwa arwah bertempat tinggal dunia kahyangan yang lokasinya di atas gunung.

Pengertian Dinamisme

dinamisme adalah
boombastis.com

Asal kata Dinamisme yakni dari bahasa yunani yaitu dunamos yang memilki arti kekuatan atau daya, Kepercayaan dinamisme merupakan kepercayaan yang mempercayai kalau segala benda-benda yang berada di dunia ini entah yang hidup maupun yang mati di dalamnya terdapat daya dan kekuatan ghaib.

Demikianlah artikel singkat mengenai Pengertian Animisme adalah secara umum, mudah mudahan bermanfaat dan terima kasih.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

bakteri gram negatif

Bakteri Gram Negatif Beserta Contoh dan Gambarnya

Pengertian Transmigrasi

Pengertian Transmigrasi dan Urbanisasi Secara Lengkap