8 Cara Sederhana Membuat Anyaman Bambu di Rumah

 

Anyaman bambu bisa dibilang adalah hasil karya khas Indonesia. Iklim tropis di Indonesia juga sangat cocok sekali untuk tumbuh kembang tanaman bambu. Karena itu stok bahan baku anyaman bambu tidak pernah terganggu sama sekali. Biasanya produk dari anyaman bambu ini berupa alat-alat rumah tangga. Namun tidak sedikit pula yang menjadikan penutup dinding agar dinding terlihat lebih klasik.

Anyaman bambu di Indonesia sudah diberdayakan sejak jaman dahulu. Banyak sekali peralatan rumah tangga yang terbuat dari anyaman bambu seperti kap lampu, tampah, piring, nampan makanan, meja dan juga topi bambu.

kknm.unpad.ac.id
kknm.unpad.ac.id

Tidak hanya pada jaman dahulu saja, bahkan sampai saat ini anyaman bambu masih digunakan dan sudah menjadi sebuah industry rumahan. Anyaman bambu sekarang tidak hanya dipandang dari segi kegunaan saja, tapi bisa menjadi sebuah karya dengan nilai seni. Banyak sekali anyaman bambu yang saat ini dijadikan sebagai souvenir pernikahan karena keunikan dan juga nilai seninya. Anyaman bambu dengan nilai kesenian tinggi akan menjadikan daya jualnya semakin tinggi pula.

Kamu juga bisa lho membuat anyaman bambu sendiri, lumayan kalau bisa dijadikan tempat tisu. syukur-syukur bisa dijadiin bisnis keluarga. Berikut cara membuat anyaman bambu secara sederhana.

  1. Siapkan bambu yang sudah matang tapi jangan terlalu tua, yang penting mudah dibelah dengan serat bambu yang sudah melunak.
  2. Belah bambu menrut ruas – ruasnya dan pilih yang lurus ya, jemur bambu selama beberapa hari sampai kering.
  3. Kalau sudah kering, belah bambu menjadi 2, kemudian raut potongan bambu menjadi potongan bambu tipis – tipis. Buat potongan tipis ini sebanyak mungking.
  4. Setelah dapat potongan bambu, waktunya menganyam.
  5. Anyam selebar mungkin dengan bentuk yang beraturan. Jadi bilah luar harus semua menghadap keluar, bilah dalam harus menghadap kedalam. Dengan melakukan ini akan membuat hasil anyaman terlihat rapi dan rata.
  6. Anyamlah dengan hitungan satu per satu agar kamu tidak bingung.
  7. Setelah selesai cukup lebar, potong anyaman bambu sesuai dengan bentuk yang kamu inginkan.
  8. Yang terakhir bentuk menjadi alat – alat rumah tangga.

Memang jika membaca saja akan terlihat cukup ribet, karena itu praktekkan sekarang dan kamu akan lebih mudah mengerti.

Tinggalkan komentar