Apa Itu Wirausaha? Berikut Ini Penjelasan Para Ahli

APA ITU WIRAUSAHA – Tahukah kalian wirausaha adalah? kemampuan untuk berdiri sendiri mengejar peluang yang menuntut kemampuan mengelola dan pengalaman untuk memacu kreativitas.

Intinya, wirausahawan itu merupakan sebuah inspirasi yang berupa kreatif, inovatif, punya kemauan, dan berjiwa pemimpin. Namun, perihal itu tidak menjadi sebuah keharusan. Namun kemauan yang tinggi mampu dijadikan cuma satu modal untuk berwirausaha.

Pengertian lain perihal wirausaha adalah sebuah keberanian atau termasuk tanggapan atau reflek seseorang untuk menilai dan juga menyaksikan suatu peluang di dalam bisnis dan sesudah itu menghimpun suatu sumber kemampuan yang akan diperlukan untuk membangun bisnis itu sendiri.

Serta di dalam pengambilan sebuah ketetapan yang pas, tentu saja akan meraih keuntungan di dalam rangka capai suatu keberhasilan. Dalam bhs Inggris, wirausaha disebut entrepreneur, adapun pengertian wirausaha itu sendiri adalah.

1. Asal Mula Kata Wirausaha

pengertian wirausaha

Etimologi kata wirausaha adalah berasal berasal berasal dari kata “wira” dan “usaha”. “Wira” yang punya arti sebuah pejuang, berbudi luhur, gagah berani, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung.

Kata “wira” termasuk digunakan di dalam kata “perwira”. Sedangkan “usaha” berarti “perbuatan untuk capai sebuah tujuan”. Jadi, secara etimologis/harfiah, wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang jalankan kelakuan untuk capai sebuah tujuan.

Penjelasan Wirausaha dari Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian kewirausahaan menurut para ahli :

Drs. Joko Untoro

Menurut Drs. Joko Untoro kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan upaya yang dapat memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang. Dengan segala dasar kemampuan dan dengan cara memanfaatkan semua potensi yang ada untuk membuat sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

J. Leach Roland Melicher

Menurut Leach Roland Melicher dalam bukunya yang berjudul Entrepreneurial Finance bahwa Kewirausahaan adalah suatu proses untuk merubah ide menjadi kesempatan yang komersil dan menciptakan nilai (harga).

Process of changing ideas into commercial opportuniteis and creating value

Eddy Soeryanto Soegoto

Eddy Seoryanto Soegoto mengatakan bahwa kewirausahaan adlah sebuah usaha kreatif yang dibangun dengan berdasarkan inovasi yang dapat menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberikan manfaat dan menciptakan lapangan kerja yang hasilnya bisa berguna bagi banyak orang.

Ahmad Sanusi (1994)

“Kewirausahaan adalah sebuah nilai yang diwujudkan ke dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, kiat, proses dan hasil bisnis.”

Itu dia pengertian kewirausahaan dari beberapa ahli dibidangnya. Nah setelah tahu pengertian dari kewirausahaan, kamu juga harus tahu ciri ciri wirausaha. Berikut ini adalah ciri-ciri wirausaha yang perlu kamu ketahui.

Ciri-Ciri Wirausaha

ciri-ciri wirausaha
www.955sold.com

Memiliki Keberanian dalam Daya kreasi

Wirasahawan sudah seharusnya memiliki keberanian dalam daya kreasi. Di sini yang dimaksud keberanian dalam daya kreasi adalah tidak takut untuk bermimpi. Terkadang banyak orang yang takut untuk bermimpi yang tinggi karena takut gagal.

Berani Mengambil Resiko

Setelah memiliki keberanian dalam daya kreasi seorang wirausahawan juga harus memiliki keberanian untuk mengambil resiko walaupun itu resiko yang cukup besar. Karena dalam usaha pasti selalu memiliki resiko. Apabila seorang wirausahawan tidak mau mengambil resiko maka dia tidak akan sukses dalam usahanya.

Memiliki Semangat dan Kemauan Keras

Selain berani seorang wirausahawan juga harus memiliki semangat dan kemauan yang keras. Karena tanpa kedua itu maka dia akan mudah jatuh saat melihat sedikit rintangan. Tetapi dengan semangat dan kemauan seorang wirausahawan akan tetap melewati berbagai rintangan walaupun itu sulit dijalani.

Memiliki Analisis yang Tepat

Seseorang dapat dikatakan wirausaha apabila dia mempunyai kemampuan yang tepat dengan usaha yang ia jalani. Dengan pengetahuan yang tepat dia dapat membuat suatu analisis dari masalah yang ada bahkan hingga mendekati 100% benar.

Tidak Konsumtif

Ini adalah ciri-ciri yang sulit dari seorang wirausaha. Seorang wirausaha seharusnya tidak konsumtif atau tidak boros. Setidaknya seorang wirausaha mengeluarkan uangnya lebih sedikit dari penghasilan yang ia dapatkan.

Memiliki Jiwa Pemimpin

Seorang wirausaha sangat harus memiliki jiwa pemimpin, karena seorang wirausaha harus memimpin pekerjanya yang ada di usahanya. Dan dengan ini mereka juga bisa mengembangkan usaha mereka dengan lebih cepat dan bagus.

Itu dia pengertian dan juga ciri-ciri wirausaha secara lengkap. Apabila kamu ingin menjadi wirausaha kamu harus bisa memiliki sifat-sifat seorang wirausaha agar usaha kamu bisa berhasil.

Tinggalkan komentar