Waspadalah! Inilah 5 Aplikasi yang Sering Digunakan Oleh Hacker dalam Melancarkan Aksinya

Kita semua sekarang hidup di zaman di mana teknologi sudah sangat berkembang pesat. Semua hal yang kita butuhkan menjadi lebih mudah untuk dicari dan dipelajari. Bahkan kini banyak sekolah, perusahaan, serta komunitas yang menciptakan aplikasi berbasis online. Semua terhubung dengan internet.

Namun ada hal yang perlu kita waspadai, mengingat teknologi sudah semakin pesat, maka banyak pula orang yang menggunakan kemampuannya untuk hal-hal yang tidak benar. Sebut saja kini mulai banyak hacker yang bermunculan untuk mencuri data-data para pengguna internet.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai apliaksi-aplikasi yang sering digunakan hacker beserta cara bagaimana mengatasinya. Langsung saja, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Attacking IP

reddit.com

Attacking IP merupakan sebuah aplikasi yang sangat sering digunakan oleh para hacker untuk melacak sebuah alamat IP. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menjebol sistem komputer atau laptop orang lain melalui celah-celah lemah pada port-port network yang ada.

Adapun cara mengatasi ulah hacker ini adalah dengan sering mengupdate semua driver software yang ada di komputer atau laptopmu. Terutama update lah secara berkala driver Network serta Antivirus supaya tidak mudah diserang oleh para hacker yang tidak bertanggung jawab.

Remote Desktop Connection

sysadminlab.net

Remote Dekstop/Mstsc ini merupakan aplikasi Utility Windows. Jadi kamu dapat menonaktifkan fiturnya jika aplikasi ini tidak dibutuhkan. Biasanya Aplikasi Remote Desktop dipakai pada kantor-kantor atau perusahaan untuk menghubung 1 PC dengan PC lainnya.

Adapun cara kerjanya adalah apliaksi ini dipakai jika sudah berhasil masuk ke sistem PC orang lain. Banyak yang mengatakan aplikasi ini tidak begitu berbahaya, alasannya adalah zaman sekarang kebanyakan Antivirus sudah mempunyai proteksi terhadap ancaman hacker yang berusaha masuk ke dalam sistem komputer.

Namun begitu, kamu harus selalu mewaspadainya dengan cara selalu mengupdate secara berkala Antivirus yang kamu gunakan supaya tidak mudah untuk dihack.

Malware dari Pesan Gmail

zdnet.com

Saat membuka inbox email, maka berhati-hatilah jika ada pesan email dari orang yang tidak kamu kenal. Mengapa begitu? Karena ada kemungkinan pesan tersbeut merupakan sebuah Malware dari orang yang memiliki rencana jahat terhadapmu.

Kini banyak hacker yang memakai email berisikan kode malware sebagai media penularan malware, virus, atau spyware. Adapun kode-kode tersebut dimanfaatkan untuk mencuri data-data pribadi kamu atau juga untuk mengawasi segala aktivitas di komputermu dari jarak jauh.

Program Crack

youtube.com

Program Crack merupakan program yang dapat disebut sebagai Program Cheat. Intinya program ini dapat menciptakan sebuah aplikasi yang berbayar menjadi gratis.

Saat semua orang terlena dengan tampilannya, mereka kemudian mendownload program tersebut dengan gratis. Kemudian hacker membuat crack untuk program tersebut supaya menjadi program Pro atau Full Version.

Nah, pada zaman ini banyak sekali hacker yang menggunakannya untuk mencari informasi pribadi melalui virus yang disisipkan pada program tersebut.

Jika Antivirus kamu mendeteksi program ini terdapat virus di dalamnya, disarankan untuk menghapus program tersebut kemudian matikan koneksi internet. Selanjutnya kamu bisa membersihkan laptop atau komputer kamu dengan aplikasi CCleaner.

Key Logging

myjad.com

Aplikasi ini sudah jarang sekali ditemukan, namun kamu masih dapat menemukannya di beberapa komputer warnet. Aplikasi ini dipakai untuk memantau aktivitas tombol keyboard kamu. Adapun cara kerjanya adalah si oknum akan bisa melihat tombol apa saja yang kamu ketikkan di keyboard.

Kamu harus waspada karena dia bisa melihat ID atau password kamu di suatu akun milikmu. Untuk cara mengatasinya, kamu harus mengecek terlebih dahulu aplikasi apa saja yang terinstall di komputer tersbeut. Jika terdapat yang mencurigakan, kamu bisa melapur ke operator warnet untuk menghapusnya.

Demikian beberapa aplikasi yang biasa dipakai oleh seorang hacker. Semoga kamu bisa semakin waspada ya setelah mengetahui informasi ini. Oh iya, kamu juga bisa mengetahui tentang aplikasi editing foto dan aplikasi chatting keren terbaik di artikel kita yang lainnya. Semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar