6 Aplikasi Sosial Media yang Paling Banyak Memakan Memori

Seiring berkembangnya zaman, ada berbagai macam aplikasi sosial media serta instant messenger yang bisa digunakan di smartphone. Kamu tentu pernah mencoba menginstall beragam layanan aplikasi tersebut, mulai dari hanya sekedar pengen tah saja hingga akhirnya benar-benar menggunakannya.

Perlu kamu ketahui, semakin banyak kamu menginstall aplikasi sosial media maka akan semakin berpengaruh pada kinerja serta daya tahan baterai smartphone. Mengapa begitu? Karena aplikasi tersebut selalu aktif berjalan serta memakan RAM yang cukup banyak.

Oleh karena itu, harus bijak dalam memilih beberapa aplikasi sosial media serta instant messenger yang akan kamu gunakan. Pilihlah layanan yang sesuai selera serta dibutuhkan. Nah, pada kesempatan kali ni kita akan menjelaskan mengenai daftar aplikasi sosial media dan instant messenger dari yang paling boros RAM sampai yang paling hemat.

Facebook dan Facebook Messenger

theverge.com

Tidak bisa dipungkiri Facebook menjadi aplikasi sosial media paling populer saat ini. Namun sayangnya aplikasi Facebook untuk Android termasuk aplikasi yang memakan RAM sangat banyak. Saking besarnya, Facebook memakan jatah RAM hingga 239 MB. Sedangkan Facebook Messenger memakan jatah 110 MB.

Adapun penyebab kenapa Facebook bisa memakan RAM cukup besar adalah karena Facebook kaya akan fitur-fitur terbaiknya. Dia ingin memberikan pengalaman terbaik dan selalu update untuk membuat penggunanya semakin mudah dan nyaman.

Memang tidak masalah jika kamu selalu aktif menggunakan aplikasi Facebook Android. Namun untuk yang sudah tidak terlalu aktif tetapi ingin terhubung dengan Facebook dengan tidak mengurangi Jatah RAM terlalu banyak, kamu bisa menggunakan aplikasi Facebook Lite yang hanya memakan ruang sebesar 5 MB.

BBM (BlackBerry Messenger)

cultofandroid.com

Jika ada instant messenger yang paling sering digunakan, mungkin BBM adalah jawabannya. Aplikasi ini memang sangat digemari oleh para pengguna smartphone, mungkin setiap orang aktif menggunakannya.

Meskipun aplikasi BBM ini menguras memori yang cukup besar yakni sekiar 176 MB, namun tidak akan terlalu menjadi masalah juga. Kamu masih bisa mengoperasikan smartphone kamu dengan lancar meski terinstall aplikasi ini.

LINE

slashgear.com

Lewat fitur baru yang semakin canggih, LINE kini mulai banyak diminati banyak orang. Berbagai fitur menarik seperti video call, panggilan suara, serta pilihan berbagai sticker membuat LINE semakin populer. Nah, aplikasi yang berasal dari Jepang ini memakan RAM sekitar 129 MB.

Skype

shinyshiny.tv

Skype merupakan pelopor aplikasi fitur video call. Walaupun banyak aplikasi sosial media yang kini sudah bisa melakukan video call, namun Skype tetap masih menjadi yang terdepan untuk urusan video call.

Skype kini dimiliki oleh Microsfit, sehingga kamu bisa masuk menggunakan email Outlook. Aplikasi pelopor fitur video call ini bisa memakan RAM hingga 112 MB.

WhatsApp

venturebeat.com

Sekarang ini mungkin bisa dikatakan hampir semua pengguna smartphone pasti terinstall WhatsApp di dalamnya. Aplikasi instant messenger ini tidak kaya akan fitur, namun hal-hal yang membuatnya diminati banyak orang adalah karena aplikasinya yang sederhana, handal, ringan, cepat, serta mudah digunakan.

Aplikasi yang sahamnya kini sudah dimiliki Facebook ini termasuk ke dalam aplikasi yang hemat RAM. Saat kamu menginstall WhatsApp, maka hanya akan memakan memori sekitar 56 MB.

Telegram

cryptocoinsnews.com

Telegram adalah pesaing utama WhatsApp. Aplikasi ini mulai diminati banyak orang sebagai aplikasi chatt karena keamanan serta kecepatannya. Pesan yang dikirim bisa terenkripsi.

Tampilan dari Telegram sendiri tidak jauh berbeda dengan WhatssApp namun dengan warna dasar biru yang lebih simpel. Oh iya, salah satu kelebihan Telegram dari WhatsApp adalah pada aplikasinya yang lebih ringan karena hanya memakan RAM sebesar 38 MB.

Demikian sedikit penjelasan mengenai aplikasi sosial media yang boros akan RAM. Di artikel yang lainnya kamu bisa juga mengetahui tentang aplikasi chatting keren buatan Indonesia dan aplikasi smartphone menarik. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar