6 Manfaat Asi Eksklusif untuk Ibu dan Anak

ASI EKSKLUSIF – Asi merupakan salah satu sumber nutrisi bagi bayi. Kandungan nutrisi yang ada di dalam ASI sangat menunjang pertumbuhan bayi, apalagi kandungan antibodi alami akan membantu bayi dalam mencegah infeksi dan gangguan kesehatan pada bayi. Oleh karena itu ASI merupakan makanan yang paling baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Pemberian ASI pada bayi sekurang-kurangnya dilakukan ASI eksklusif, yaitu memberikan ASI tanpa disertai makanan lain pada enam bulan pertama sejak bayi dilahirkan. Sudahkah kamu memberikan ASI eksklusif untuk kebaikan buah hati?

Pemberian ASI eksklusif dianjurkan sampai bayi berusia 4 bulan, akan tetapi lebih baik lagi bila memberikannya sampai usia 6 bulan. Selanjutnya pemberian ASI bisa dibarengi dengan pemberian makanan. Kenapa harus diberikan ASI eksklusif? Berikut beberapa manfaat pemberian ASI eksklusif pada ibu dan bayi.

 

Meningkatkan Kecerdasan

Manfaat ASI untuk Meningkatkan Kecerdasan Bayi
resourceful-parenting.com

Tahukah kamu ternyata ASI bisa meningkatkan kecerdasan anak? Dalam sebuah penelitian menyimpulkan bahwa kandungan nutrisi pada ASI mampu mendukung tumbuh kembang otak si kecil. Hal ini merupakan modal penting untuk mendukung proses pembelajaran.

Kandungan zat taurin dan asam linoleat diduga mampu untuk mengoptimalkan proses perkembangan otak pada bayi. Selain itu kandungan DHA dan asam omega-3 pada ASI juga dibutuhkan oleh bayi dalam pembentukan sel syaraf. Jadi bila kamu ingin mempunyai anak yang cerdas, wajib memberikan ASI eksklusif pada 6 bulan pertama.

Menambah Kekebalan Tubuh Bayi

Menguatkan Sistem Kekebalan Bayi
thenaturalgroup.co.uk

Salah satu keunggulan pemberian ASI eksklusif pada bayi adalah untuk membantu pembentukan imun pada sang buah hati. Sistem imun memiliki peran penting pada bayi, semakin baik sistem imunnya makan akan si kecil akan tahan terhadap penyakit yang menyerang.

Kandungan antibodi alami yang ada pada ASI sangat berperan dalam melindungi tubuh bayi dari serangan beberapa virus penyebab penyakit. Oleh karena itu sangat penting untuk memastikan bayi kamu mendapatkan asupan ASI eksklusif.

Mencegah Infeksi Usus

Mencegah Infeksi Pada Bayi
obatlipomatanpaoperasi.blogspot.com

Pemberian ASI eksklusif pada bayi dipercaya mampu mencegah infeksi usus pada bayi. Karena masih baru jadi sistem pencernaan bayi masih sangat rentan, sehingga tidak sembarangan makanan bisa dicerna dengan baik. Oleh sebab itu pemberian susu formula kurang baik bagi kesehatan bayi, karena pada susu formula terdapat zat-zat asing yang memberikan efek buruk bagi pencernaan bayi.

Pemberian ASI pada bayi akan meminimalisir terjadinya infeksi usus pada bayi, karena ASI akan memberikan imunitas alami pada bayi. Jadi masih mau memberikan susu formula untuk buah hati kamu?

Membuat Ibu Lebih Sehat dan Cantik

Membuat Ibu Semakin Sehat dan Cantik
ibudanbalita.com

Ternyata ASI tidak hanya bermanfaat bagi bayi, tetapi ibu juga mendapatkan manfaat dari pemberian ASI pada anak. Pemberian ASI secara teratur akan membuat ibu lebih sehat. Biasanya ibu yang melahirkan akan banyak timbunan lemak pada tubuhnya.

Memberikan ASI pada anak maka timbunan lemak pada tubuh ini akan berkurang karena dipergunakan untuk membentuk ASI. Dengan begitu sudah tidak ada alasan lagi ketika bahwa menyusui bayi akan membuat kecantikan kamu berkurang? Justru dengan menyusui bayi akan mengembalikan kecantikan alami seorang ibu.

Membantu Tidur Bayi

Foto Anak Bayi Sedang Tidur
pixabay.com

Selain mengenyangkan manfaat lain dari ASI bagi bayi adalah mampu membuat si kecil menjadi lebih rileks. Kombinasi nutrisi pada air susu ibu serta aktivitas menghisap saat menyusu akan membuat si kecil merasa nyaman dan terlindungi. Kondisi tersebut bisa membuat bayi lebih cepat lelap.

Menguatkan Hubungan Antara Orang Tua dan Anak

jurnalbidandiah.blogspot.com
jurnalbidandiah.blogspot.com

Satu hal lagi yang tidak bisa digantikan dengan apapun yaitu kualitas hubungan antara ibu dan anak. Dengan memberikan ASI pada anak secara tidak langsung kasih sayang seorang ibu dan anak akan terbentuk akibat dari hormon yang diproduksi di dalam tubuh.

Hubungan yang baik antara ibu dan anak akan membuat suatu ikatan emosional yang tidak bisa digantikan dengan teknologi buatan manusia.

Satu pemikiran pada “6 Manfaat Asi Eksklusif untuk Ibu dan Anak”

Tinggalkan komentar