Perbedaan Mencolok Ayah dan Bunda dalam Mengasuh Anak

Mengasuh anak mungkin masih jadi tanggungjawab paling besar bagi seorang bunda. Namun dalam pelaksanaannya tetap harus dibantu juga oleh sang ayah. Selain karena perlunya pengenalan pengasuhan anak pada kedua orang tua, tapi juga pembagian tugas rumah tangga.

Namun ada perbedaan yang mencolok dan cenderung unik saat keduanya mengasuh anak. Apa yang dilakukan ayah dan bunda sangatlah berbeda bahkan amat jauh perbandingannya. Contohnya pada saat-saat seperti berikut ini.

Memilihkan Jenis Permainan

1
keepo.me

Dalam hal yang satu ini bunda biasanya memilihkan permainan yang cenderung aman dan mendidik. Namun ayah biasanya tidak berpikir sedangkal itu, bahkan selalu punya ide yang amat menarik.

Biasanya ayah akan memperkenalkan permainan yang sedikit telihat berbahaya dan bisa jadi tidak mendidik sama sekali. Namun justru ini yang lebih seru ketimbang permainan yang itu-itu saja. Sekali-kali memang perlu juga membuat anak bermain dengan lebih ceria meski belum tentu ada manfaatnya.

Keluar Bersama Ayah atau Bunda?

4
keepo.me

Pilihan ini biasanya sering ditawarkan pada anak jika sedang ada yang ingin keluar terpisah. Baik ayah maupun bunda punya kegiatan masing-masing yang mengharuskan anak ikut salah satu saja. Jika sang anak ikut bunda, biasanya akan dibawa keluar rumah dan bermain di taman. Membaca dongeng atau hanya sekedar tidur-tiduran saja.

Namun jika dengan ayah tentu saja keluar rumah akan asyik. Main lumpur sambil mengejar ayam di perkebunan misalnya. Dua pilihan yang mungkin sulit diputuskan bagi sang anak. Atau mungkin sang anak juga tahu, sebaiknya keluar rumah dengan siapa agar hari ini jadi seru.

Bermain Wahana Permainan di Taman Bermain

keepo.me-EMGN-Parenting7
keepo.me

Hal yang sama juga dilakukan oleh ayah dan bunda saat anak sedang diajak ke taman bermain. Kalau san bunda biasanya memilih wahana permainan yang aman dan penuh keceriaan. Salah satu diantaranya adalah bermain ayunan yang ada di taman bermain.

Namun beda dengan sang ayah yang biasanya mengajak bermain wahana yang menyeramkan dan agak berbahaya. Salah satu contohnya adalah bom bom car. Wahana ini bisa membuat sang anak menangis tapi juga seru dan mendebarkan.

Berkunjung ke Kebun Binatang

EMGN-Parenting9
keepo.me

Berkunjung ke kebun biatang adalah salah satu impian dari anak-anak. Sebab di sana mereka bisa mengenal berbagai macam hewan dan juga berinteraksi langsung untuk memberi makan. Nah, ada yang lucu dari perbedaan bunda dan ayah dalam membantu anaknya memberi makan hewan.

Jika sang ibu memilih menggendong anaknya dengan manis, justru sang ayah menggantung anaknya saat memberi makan hewan. Meski terlihat berbahaya, namun memberi makan dengan cara yang tidak biasa pasti akan seru.

Mendandani Anak Dalam Acara Festival

EMGN-Parenting12
keepo.me

Ini adalah bagian yang paling seru dari mengasuh anak. Saat sang bunda dan ayah diberi kesematan untuk mendandani anaknya untuk mengikuti acara festival. Lihat saja, sang bunda mendandani anaknya agar terlihat cantik bak puteri kerajaan.

Namun justru sang ayah membuat dadanan yang berbeda. Lihat saja, sang anak justru didandani mirip frankestein dan diikat di alat pengangkut kardus, lucu bukan?

Meminta Ijin Melihat Pertandingan Olahraga

EMGN-Parenting16
keepo.me

Nah, yang terakhir ini akan sangat terlihat mencolok sekali perbedaannya. Ketika sang anak meminta ijin pada ayah dan bundanya tentang rencananya menonton  football.

Ketika sang anak minta ijin pada ibunya, birokrasinya berbelit-belit, bahkan berujung pada penolakan. Sedangkan jauh berbeda dijawab oleh sang ayah ketika dimintai ijin anaknya.

Jawabannnya sederhana, singkat, padat dan jelas. Boleh, bahwa itu artinya sang anak boleh pergi menonton football seperlunya saja, kalau sudah selesai langsung pulang. Namun perlu diketahui bahwa keduanya juga sama, itu bukti bahwa ayah sayang anak, bunda juga sayang anak, semua sayang pada anaknya.

Tinggalkan komentar