Yuk, Kenali Jenis-jenis Ayam Birma Sang Jagoan

AYAM BIRMA – Ayam Birma atau ayam burma adalah ayam yang berasal dari Myanmar. Jenis ayam ini kebanyakan berada di perkampungan-perkampungan yang ada di negara Myanmar. Seperti hal nya di Indonesia disana banyak warganya yang hobi memelihara ayam aduan dan┬ádisana ayam dijadikan sebagai simbol kekuasan.

Saat ini, di Indonesia khususnya juga sudah mulai banyak jenis ayam ini yang secara langsung didatangkan dari Myanmar. Harganya yang relatif mahal, menyebabkan orang-orang Indonesia mulai mengembangkan perkawinan silang antara jenis ayam ini dengan ayam lokal Indonesia, sehingga dapat menghasilkan jenis ayam birma campuran.

Nah, di bawah ini akan dijelaskan jenis-jenis ayam birma yang ada di Indonesia, siapa tahu kamu dapat memeliharanya.

 

Ayam Birma Original

ayambangkok-online.blogspot.com
ayambangkok-online.blogspot.com

Karakteristik fisik ayam birma memiliki tubuh yang relatif kecil, tulangnnya relatif tipis, bulunya lebar dengan warna yang dominan jalak (wido) dan ada brintik kecoklatan.

Kontruksi kaki ayam birma lebih seperti kaki burung pemakan ikan, merit, pada dan keras. Warna kakinya ayam birma memiliki kekhasannya tersendiri yaitu kukunya agak berwarna kehijauan atau kecoklatan.

Kelebihan ayam birma adalah pada tingkat akurasi pukulannya mencapai 90% yang meliputi disekitar kepala parah dan mata lawan yang dibuatnya tidak berdaya. Sedangkan kekurangan ayam birma ini adalah di ukurannya yang kecil dan berat hanya berkisar 2,0 hingga 2,75 Kg.

Ayam Birma Gostan

diditgondang.com
diditgondang.com

Jenis Ayam Birma Gostan ini adalah jenis ayam birma original generasi terbaru. Ayam ini memiliki gaya bertarung yang khas, yaitu mundur dan menghindar (Defensiive agresive) serta melemparkan pukulan yang mengarah pada kepala, paruh dan mata lawan.

Ayam Birma Rambong

Jenis Ayam Birma Rambong
situshewan.com

Jenis ayam birma ini juga jenis ayam birma original. Ayam ini memiliki gaya bertarung yang khas dan merupakan kelebihannya yaitu sangat lincah seperti berjoget. Pada saat ayam ini bertarung dia dapat melemparkan pukulannya ke arah kepala, paruh dan mata dan bahkan sambil jatuhpun ayam ini masih dapat melemparkan pukulan.

Ayam Birma Brasilian

Jenis Ayam Birma Brasilian
ternakburmafarm.blogspot.com

Ayam Birma brisilian adalah hasil dari crossing breeding antara ayam birma dengan ayam Brasil dengan memiliki presentese 85% genetik ayam birma dan 15% genetik ayam Brasil.

Ayam brasilian memiliki karakter yang lebih tahan terhadap pukulan dan ketangguhan yang lebih baik dari ayam birma original. Ukuran ayam ini juga lebih besar dibandingkan ayam original yang mencapai 2,6 hingga 3,3 Kg. Kualitas pukulannya juga lebih keras dan mematikan. Namun, tingkat kecepatannya tidak secepat ayam original.

Ayam Birma Mabin

Jenis Ayam Birma Mabin
diditgondang.com

Ayam birma mabin adalah jenis ayam birma generasi terbaru dengan memiliki gaya bertarung yang khas serta merupakan kelebihan dari ayam ini. Gaya bertarung ayam ini adalah memukul sambil melompat seperti layaknya kuda terbang dan sangat lincah, serta memukul dengan keras ke arah kepala, paruh dan mata. U

kuran ayam ini hampir sama dengan ayam birma lainnya, hanya saja yang membedakan ayam ini dengan yang lainnya adalah tubuh yang lebih ramping dan ringgi.

Ayam Pama

Jenis Ayam Magon
ayampetarungjogjakarta.blogspot.com

Ayam Pama adalah adalah hasil crossing breeding antara ayam birma dengan beberapa jenis ayam aduan yang ada, yaitu ayam birma dengan ayam saigon, ayam birma dengan ayam siam.

Ayam pama masih memiliki sifat genetic ayam birma sebesar 50%, maka tidak heran jika akurasi pukalannya mendekati ayam birma ditambah lagi dengan sifat yang ada pada ayam crossing nya, diantaranya ialah:

  • Ayam birma X ayam Saigon disebutnya Magon. Ayam ini memiliki karakter yang bersifat yang dibawa dari ayam saigon seperti tahan terhadap pukulan dan memiliki pukulan yang keras pula serta ukuran badannya juga relatif besar. Kelebihan ayam ini tentu saja ukurannya yang besar dan pukulan yang keras ditambah lagi akurasi yang sempurna karena terbawa dari sifat ayam birma.
  • Ayam birma X ayam Siam, ayam ini disebut Mathai. Ayam ini memiliki tehnik bermain seperti ayam BK yaitu ayam lock, bongkar, nyayap serta ditambah sifat pukulan ayam birma dan kecepatan defensive yang sulit untuk dipancing. Karena pukulan yang keras serta akurat, membuat ayam ini menjadi trend tersendiri sebagai jenis ayam pama Bangkok antilock.

Tinggalkan komentar