Berikut Bacaan Tahiyat Akhir Beserta Tulisan Latin dan Artinya

Shalat adalah salah satu dari 5 rukun Islam yang harus kita jalankan. Tanpanya, keislaman kita akan goyah, dan dipertanyakan di dunia dan bahkan akhirat nanti. Seperti yang kita ketahui, rukun Islam terdiri dari 5 perkara: Syahadat, Shalat, Zakat, Shaum(berpuasa) dan Haji bagi mukmin yang mampu. 5 rukun itulah yang menjadi pondasi bagi keislaman seseorang, yang jika salah satunya hilang, goyahlah keislaman seseorang tersebut.

Sebagai muslim, kita harus tahu dong rukun-rukun dan adab dalam beribadah sehari-hari. Sehingga ibadah kita bisa diterima dan menjadi catatan amal baik kita di akhirat nanti. Kali ini kita akan membahas Tahiyatul Akhir. Apa sih, Tahiyatul Akhir itu?

Apa itu Tahiyatul Akhir, beserta bacaannya

duduk tahiyat akhir
posisi kaki ketika duduk tahiyatul akhir (artefak.org)

Islam adalah agama yang mengatur kehidupan umatnya secara detail. Dari masuk WC hingga mendirikan pemerintahan, ada aturannya di dalam Islam. Untuk melakukan Shalat pun kita tidak boleh sembarangan. Ada 13 rukun yang harus kita jalankan. Salah satunya Tahiyat Akhir.

Tahiyat Akhir, atau Tasyahud Akhir adalah doa yang dibaca setelah Tasyahud/Tahiyat Awal, yaitu di posisi duduk di Raka’at terakhir. Bacaannya tidaklah panjang dan mudah dihapal. Mari kita mulai.

” اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ اَنْ لآ” إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ، اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَرَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ”

Tulisan latin bagi yang belum mampu

membaca
hafalalquran.com

Mungkin beberapa dari kita masih belum bisa membaca tulisan Arab. Jadi kami menyertakan tulisan latinnya untuk membantu membacanya. Terus belajar membaca tulisan Arab sampai bisa, ya!

“Attahiyyatul Mubaarakaatush Sholawaatut Toyyibaatulillaah,
Assalaamu’alaika Ayyuhan Nabiyyu Warohmatullaahi Wabarakaatuh,
Assalaamu ‘Alaina Wa ‘Alaa ‘Ibaadish Shaalihiin,
Asyahadu Allaa ilaahaillallaahu Wa Asyahadu Anna Muhammadar Rasuulullaah,
Allahumma Shalli ‘Alaa Sayyidinaa Muhammad, Wa ‘Alaa Aali Muhammad,
Kamaa Shallaita ‘Alaa Ibraahiiim, Wa ‘Alaa Aali Sayyidinaa Ibraahiim,
Wa Baarik ‘Alaa Sayyidinaa Muhammad, Wa ‘Alaa Aali Sayyidinaa Muhammad, 
Kamaa Barakta ‘Alaa Sayyidinaa Ibraahiim, Wa ‘Alaa Aali Sayyidinaa Ibraahiim,
Fil ‘Aalamiina Innaka Hamiidum Majiid”

Memahami Artinya

memahami makna
kita tidak hanya harus mengamalkan, tapi juga memahaminya (muslim.or.id)

Selain membaca, kita juga harus berusaha memahami artinya.

“Salam dan sejahtera, sembah bakti dan segala kebaikan bagi Allah. Salam atasmu wahai Nabi dan rahmat Allah dan keberkatan-Nya. Demikian pula mudah-mudahan dianugerahkan kepada kita dan kepada segenap hamba-hamba-Nya yang Shaleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad pesuruh Allah. Ya Allah, berilah rahmat dan kesejahteraan kepada junjungan kita Nabi Muhammad dan keluarga Muhammad, seperti apa yang telah engkau anugerahkan kesejahteraan kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Dan berkatilah Muhammad dan keluarga Muhammad, seperti yang engkau berkati Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Tinggi.”

Intinya, doa ini mengandung Syahadat, puji-pujian kepada Tuhan kita Allah S.W.T., dan shalawat serta salam kepada Rasulullaah S.A.W.

Demikian bacaan Tahiyatul Akhir beserta arti dan tulisan latinnya. Sudahkah kamu mengerti, menghapal dan memahami Tahiyatul Akhir? Saatnya kamu mempraktekkannya di Shalat lima waktu maupun Shalat sunnah, ya! Semoga artikel ini dapat membantu dalam menjalankan Shalat sesuai dengan rukunnya, yang Insya Allah akan menjadi bekal kita nanti di Akhirat nanti. Aamiiin!

Tinggalkan komentar