Bagian Bagian Bunga Beserta Fungsi dan Penjelasannya

Bagian bagian Bunga – Bunga termasuk bagian pada tumbuhan. Bagian ini terbagi atas fungsi dan struktur dan fungsi masing masing. Di bawah ini ialah keterangan struktur dan fungsi bunga.

Bagian Bagian Bunga

bagian bagian bunga
pakmono.com

Apabila ditinjau dari kelengkapan bagian bunga, yakni alat kelamin bunga dan perhiasan bunga terdiri atas bunga lengkap dan bunga tidak lengkap.

1. Bunga lengkap

Bunga lengkap terdiri dari bagian-bagian serta fungsi sebagaimana di bawah ini :

a. Tangkai bunga

Tangkai bunga ialah bagian bunga yang tempatnya di bagian bawah bunga. Tangkai bunga berperan untuk penyangga serta penghubung tangkai bunga dan ranting.

b. Dasar bunga

Dasar bunga letaknya di sekitar bawah yakni di atas tangkai bunga. Dasar bunga memiliki peranan untuk tempat menempelnya mahkota bunga.

c. Kelopak Bunga

Kelopak bunga ialah komponen bunga yang letaknya di luar yang membungkusi mahkota saat sedang kuncup. Adapun kegunaan dari kelopak bunga tersebut ialah menjaga mahkota bunga saat sedang kuncup dan nantinya akan terbuka apabila mahkota sudah melakukan pemekaran. Kelopak bunga lazimnya warna serta bentuknya mirip dengan daun.

d. Mahkota bunga

Mahkota bunga sendiri merupakan bagian bagian bunga yang sangat cantik dan dan beragam warnanya. Mahkota bunga pada umumnya dinamakan dengan perhiasan bunga. Kecantikan mahkota bunga begitu menarik sang serangga agar mau menghinggapi dan menolong proses penyerbukan.

e Benang Sari

Benang sari adalah alat kelamin jantan pada bungan yang berfungsi untuk alat perkembangbiakan bunga yang terbagi atas tangkai sari, kepala sari serta serbuk sari. Benang sari lazimnya berada pada bagian tengah mahkota bunga.

f. Putik

Putik ialah alat kelamin betina. Pada ujung putik dinamakan kepala putik. Sedangkan komponen putik berukuran panjang dinamakan tangkai putik. Adapun calon buah dapat ditemukan di daerah sekitar bawah putik. Calon biji berada di dalam buah yang memiliki dua inti, yakni calon lembaga dan sel telur.

2. Bunga tidak lengkap

Bunga dinamakan pula bunga tidak lengkap apabila tak terdapat sebagian atau salah satu bagian bunga entah pada alat kelamin bunga ataupun perhiasannya.

Menurut kelengkapan alat kelamin, bunga terdiri atas dua jenis yakni bunga sempurna dan bunga tidak sempurna.

a. Bunga Sempurna

Bunga sempurna
Bunga dinamakan pula bunga sempurna apabila terdapat dua jenis alat kelamin, yakni putik dan benang sari.

b. Bunga Tidak Sempurna
Bunga tidak sempurna
Bunga dinamakan bunga tidak sempurna apabila cuma memiliki satu jenis alat kelamin saja yakni salah satu dari keduanya bisa putik saja atau benang sari saja.

Fungsi bunga

Fungsi bunga yang paling penting ialah untuk alat perkembang biakan generatif. Perkembangbiakan generatif adalah perkembangbiakkan yang diawali dengan pembuahan.

Demikian ulasan-ulasan mengenai bagian bagian bunga beserta fungsinya.Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar