Bagian-bagian Mata Beserta Penjelasan Singkatnya

BAGIAN-BAGIAN MATA – Manusia telah diberikan sebuah karunia dan nikmat yang luar biasa oleh Tuhan yang Maha Esa yaitu berupa sepasang mata sebagai indera untuk melihat. Dengan anugerah tersebut menjadikan manusia memiliki kemampuan untuk menikmati keindahan alam ini.

Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya mata manusia itu secara umum prinsipnya sama seperti kamera. Hal ini bisa terjadi karena manusia membuat kamera dengan cara mencontoh cara kerja dan bagian-bagian mata. Berikut akan kami bahas mengenai bagian-bagian mata yang perlu Anda ketahui.

Bagian-bagian Mata

bagian-bagian mata
klinikmatautama.com

Mata merupakan alat optik paling sempurna yang diciptakan Tuhan untuk kita, manusia. Mata manusia mempunyai bagian-bagian yang sangat sempurna, sehingga manusia bisa melihat benda-benda secara jelas. Nah, berikut penjelasan mengenai bagian-bagian mata yang harus Anda ketahui.

A. Kornea

Kornea adalah lapisan terluar pada mata yang memiliki sifat tembus pandang dan  berguna untuk melindungi mata kita. Supaya selalu bening dan berada dalam kondisi bersih, lapisan kornea mata selalu dibasahi dengan air mata yang keluar dari kelenjar air mata.

B. Cairan Aqueous

Pada bagian belakang kornea mata ada sebuah cairan yang dikenal sebagai cairan aqueous yang fungsinya untuk menfokuskan cahaya yang masuk ke lensa mata dengan cara membiaskannya.

C. Iris atau Selaput Pelangi

Iris merupakan salah satu bagian-bagian mata yang berada di belakang kornea dan memiliki pigmen. Pigmen inilah yang menyebabkan warna mata seseorang menjadi berbeda-beda. Coba Anda perhatikan warna mata seseorang atau binatang, pasti Anda akan mendapati ada yang memiliki mata berwarna biru, cokelat, atau hitam.

D. Pupil

Pupil terletak di bagian tengah iris. Ukuran pupil dapat berubah-ubah, bisa mengecil dan membesar. Hal ini seperti fungsi diafragma pada kamera. Pupil membuka dan menutup secara otomatis menyesuaikan pada cahaya yang masuk. Apabila cahaya terang, pupil akan mengecil, dan ketika gelap, pupil akan membesar.

E. Retina

Retina merupakan selaput yang mengandung sel-sel indera. Retina berfungsi sebagai layar, tempat terbentuknya bayangan, seperti halnya pelat film pada kamera.

F. Lensa Kristalin

Lensa kristalin adalah lensa mata yang berwarna bening, berserat, dan kenyal. Bentuk dan cara kerja lensa mata tidak sama dengan lensa kamera, namun keduanya mempunyai manfaat yang sama. Lensa kamera, berfungsi memfokuskan bayangan pada pelat film dengan cara memajukan atau memundurkan lensa kamera.

Sedangkan lensa mata, dapat memfokuskan bayangan pada retina dengan cara mencembungkan atau memipihkan lensa. Kemampuan untuk membuat lensa mata cembung dan memipih sesuai dengan jarak benda yang dilihat dikenal dengan nama daya akomodasi.

Demikian artikel mengenai bagian-bagian mata, semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian, salam.

Tinggalkan komentar