10+ Bagian Mata Beserta Fungsinya (Lengkap)

Mata merupakan bagian vital yang ada pada tubuh manusia, mata menjadikan kita dapat melihat apapun. Tapi tahukah anda jika mata itu merupakan sebuah kesatuan yang terdiri dari beberapa bagian, yang mana jika salah satu bagian ini rusak atau tidak berfungsi tentunya dapat mengganggu penglihatan kita. Berikut bagian mata dan fungsinya;

Bagian mata Dan Fungsinya

Bagian mata Dan Fungsinya
parararam.com

1. Kornea adalah bagian terluar dari mata memiliki sifat tembus cahaya. Kornea memiliki fungsi sebagai penerima serta meneruskan cahaya yang masuk ke mata, jug berfungsi melindungi bagian yang sensitif pada mata. Cahaya yang masuk ke mata akan melalui kornea yang kemudian diteruskan ke dalam bagian mata yang lebih dalam dan berakhir di retina.

2. Aqueous humor adalah cairan kornea, fungsinya untuk membiaskan cahaya yang masuk ke dalam mata

3. Lensa kristalin adalah lensa mata yang berfungsi untuk mengatur letak bayangan menuju bintik kuning. Selain itu berfungsi juga untuk memfokuskan dan meneruskan cahaya yang masuk ke retina.

4. Iris adalah selaput yang terletak di bagian tengah yang membentuk celah lingkaran. Iris berfungsi untuk memberikan warna pada mata dan juga mengatur besar-kecilnya pupil dalam membatasi jumlah cahaya yang masuk. Warna Iris manusia itu tidak semua sama, Adanya beragam Warna dari iris ini karena dipengaruhi oleh ras atau bangsa.

5. Pupil adalah celah yang terbentuk dari iris, fungsinya ialah sebagai tempat masuknya cahaya serta mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk. Cara kerja pupil ini hampir sama dengan diafragma yang ada pada kamera. Pupil ini merupakan celah bulat yang ada tepat di tengah-tengah iris.

6. Otot mata adalah otot yang terdapat pada mata yang brfungsi sebagai penyangga lensa kristalin serta sebagai pengatur besar kecilnya lensa.

7. Vitreus humor adalah cairan berwarna bening yang ada pada rongga mata dan memiliki fungsi sebagai penerus cahaya dari lensa menuju retina.

8. Retina adalah lapisan yang ada padd dinding belakang bola mata, tempat dimana bayangan dibentuk. Retina disebut juga dengan selaput jala, bagian mata yang satu ini cukup peka dengan cahaya. Terlebih lagi pada bitik kuning. Fungsi retina ini untuk menangkap dan meneruskan cahaya dari lensa sampai ke saraf mata.

9. Bintik kuning adalah bagian yang melenkung yang ada pada retina yang sekaligus menjadi bagian yang sangat peka yang ada pada retina.

10. Saraf optik adalah bagian mata yang berfungsi sebagai penerus rangsang cahaya yang berasal dari retina menuju otak. Saraf Optik ini disebut juga sebagai saraf mata. Semua informasi yang direkam oleh mata nantinya akan dibawa ke mata melalui saraf mata. Inilah kenapa kita dapat melihat serta membedakan suatu yang kita lihat.

Itulah 10 bagian mata beserta fungsinya, semoga dapat menambah wawasan kita terhadap bagian tubuh manusia. Silahkan shere jika dinilai bermanfaat. Terimakasih

Tinggalkan komentar