Bagian Telinga dan Fungsinya disertai Gambar (Lengkap)

BAGIAN TELINGA DAN FUNGSINYA –¬†Telinga merupakan salah satu oragan yang cukup vital pada tubuh manusia, dengan telinga kita dapat mendengar sesuatu. Di bawah ini penjelasan singkat tentang bagian-bagian telinga dan fungsinya.

Bagian Telinga dan Fungsinya

bagian telinga dan fungsinya
dosenpendidikan.com

Bagian telinga dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian telinga luar, bagian telinga tengah, dan bagian telinga dalam. Pada setiap bagian ini memiliki fungsi-fungsi vital tersendiri. simak penjelasan berikut:

1. Bagian Telinga Luar

Aurikula/pinna (daun telinga): bagian ini terbentuk oleh susunan tulang rawan yang berfungsi sebagai pemusat gelombang suara yang diterima, lalu disalurakan masuk ke dalam lubang telinga

Meatus Akustikus Eksterna (lubang telinga): terdapat kelenjar sudorifera pada bagian ini, kelenjar ini yang nantinya menghasilkan serumen (kotoran telinga). Di dalam telinga Serumen ini berguna dalam menjaga agar kotoran dari luar tidak banyak yang masuk ke dalam telinga, dan dengan baunya dapat menjaga dari serangga agar tidak masuk ke dalam telinga.

Membran Timpani (gendang telinga): adalalh bagian telinga yang menjadi pembatas telinga luar dengan telinga tengah berguna untuk menangkap gelombang suara serta mengubahnya menjadi getaran.

2. Bagian Telinga Tengah

Telinga tengah adalah bagian telinga yang berisi udara yang berfungsi meneruskan suara dari bagian telinga luar menuju bagian telinga dalam. Ada beberapa bagian telinga tengah;

Tulang-tulang pendengaran : terdiri dari tulang Maleus (Martil), Incus (Landasan), dan Stapes (sanggurdi), tulang-tulang ini saling terhubung dan dapat bergerak untuk meneruskan getaran dari membran timpani (bagian telinga luar) ke jendela oval (bagian telinga dalam).

Tuba Eustachius adalah saluran yang menjadi penghubung antara bagian telinga tengah dengan tenggorokan yang berfungsi sebagai pengatur keseimbangan antara tekanan udara pada telinga.Tuba Eustachius selalu dalam keadaan menutup, dan terbuka ketika pada saat menelan atau menganga

3. Bagian Telinga Dalam

Bagian telinga dalam terdiri dari bagian tulang keras dan bagian lunak. Berikut bagian-bagiannya;

Koklea atau Rumah Siput adalah bagian yang bentuknya seperti tabung menyerupai rumah siput. Pada Koklea terdapat tiga skala (ruangan) diantaranya yaitu, skala Vestibuli (bagian atas), skala Media (bagian tengah), dan skala Timpani (bagian bawah).

Vestibuli adalah bagian sentral yang menghubungkan koklea dengan saluran semisirkular. Vestibuli terdapat dua bagian yaitu sakula dan utrikula.

Kanalis Semisirkularis adalah bagian saluran setengah lingkaran yang terdiri dari 3 saluran diantaranya adalah Kanalis Semisirkularis Horizontal, Kanalis Semisirkularis Vertikal Atas dan Kanalis Semirikularis Vertikal Belakang. Pada bagian Kanalis Semisirkularis terdapat Ampula yang fungsinya untuk mengatur keseimbangan dinamis, yaitu menentukan kesadaran akan posisi kepala pada saat terjadi gerakan angular atau gerakan rotasi.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang bagian telinga dan fungsinya, semoga dapat membantu sobat semua dalam belajar. Terimakasih.

Tinggalkan komentar