Bahan Bakar Pesawat dan Beserta Jenisnya

Bahan bakar pesawat atau avtur merupakan bahan bakar jenis khusus berbasis dari minyak bumi yang digunakan untuk daya pesawat. Bahan bakar ini pada umumnya memiliki kualitas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bahan bakar yang digunakan pada aplikasi yang lain, seperti mesin angkut jalan atau mesin pemanasan.

Biasanya mengandung aditif untuk mengurangi icing atau ledakan yang diakibatkan oleh suhu yang tinggi.

Avtur yang digunakan sebagai bahan bakar pesawat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu berbasis bahan mirip kerosin (Jet A dan Jet A1) serta yang berbasis campuran nafta-kerosin (Jet B).

bahan bakar pesawat
meci.satam.eu

Jet A1 merupakan jenis Avtur yang sering digunakan sebagai bahan bakar pesawat di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan jenis ini memenuhi standar ASTM, standar spesifikasi Inggris DEF STAN 91-91, serta NATO Code F-35.

Sedangkan Jet A merupakan bahan bakar pesawat yang memiliki sifat sangat mirip dengan kerosin. Bahan bakar ini diproduksi hanya untuk memenuhi standar ASTM sehingga biasanya hanya bisa ditemukan di kawasan Amerika Serikat.

bahan bakar pesawat
warteraviation.com

Avtur jenis Jet B jarang digunakan karena sifatnya yang mudah meledak, sehingga bahan bakar pesawat jenis ini hanya digunakan di daerah dengan iklim yang sangat dingin.

Bahan bakar jet adalah salah satu jenis bahan bakar pesawat yang dirancang untuk digunakan pada pesawat bermesin turbin gas. Bahan bakar ini berwarna cerah kekuningan. Bahan bakar yang paling umum digunakan adalah Jet A serta Jet A-1 (Avtur) yang diproduksi sebagai perlengkapan spesifikasi yang telah terstandarisasi secara internasional.

Sedangkan bahan bakar jenis Jet B merupakan salah satu bahan bakar jet yang umum digunakan pada pesawat bermesin turbin, selain itu jenis bahan bakar ini baik digunakan untuk menghadapi cuaca dingin.

bahan bakar pesawat
linkedin.com

Selain beberapa jenis bahan bakar pesawat yang telah disebutkan sebelumnya, masih ada lagi bahan bakar khusus yang digunakan pada pesawat, yaitu jenis bahan bakar Aviato gasoline dan Aviation kerosene. Jenis Aviaton gasoline digunakan pada pesawat bermesin piston, sedangkan Aviaton kerosene digunakan pada pesawat yang menggunakan mesin turbin.

Demikianlah sedikit ulasan tentang bahan bakar pesawat. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar