Hati-Hati, (Terlalu Banyak) Duduk Bisa Membunuhmu!

Kamu pasti sudah tahu kalau bergerak aktif itu lebih baik untuk kesehatanmu daripada duduk sepanjang hari. Namun, tahukah kamu kalau duduk itu bisa berakibat buruk?

Penelitian menunjukkan bahwa semakin sering seseorang duduk sepanjang hari, ia akan makin berisiko terkena masalah kesehatan kronis seperti kanker, diabetes, dan sakit jantung.

Mungkin ini bisa mengecilkan hatimu, apalagi kalau pekerjaanmu itu dilakukan sambil duduk. Namun ada beberapa latihan yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi dampak negatif dari duduk ini.

Berikut ini 8 jenis bahaya terlalu lama duduk untuk kesehatan, dan 5 olah raga yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

8 Bagian Tubuh yang Terganggu Karena Terlalu Lama Duduk

littlethings.com
littlethings.com

Tahukah kamu kalau duduk sepanjang hari berakibat buruk untuk banyak bagian tubuhmu?

Profesor Richard Rosenkranz, peneliti nutrisi dari Kansas University menyebutkan, “Masalah yang ada sekarang ini bukan hanya orang-orang yang kurang beraktivitas fisik, masalah juga terjadi karena terlalu banyak duduk.”

Usus

littlethings.com
littlethings.com

Duduk sepanjang hari bisa berakibat buruk untuk ususmu. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa duduk ini berhubungan dengan risiko kanker usus, kanker payudara, dan kanker endometrial. Sementara itu bergerak secara rutin bisa meningkatkan antioksidan alami yang bisa membunuh sel-sel radikal bebas penyebab kanker.

Punggung bagian bawah

littlethings.com
littlethings.com

Punggung bagian bawah juga menderita kalau kamu duduk terlalu lama. Ada lebih banyak tekanan ke tulang belakangmu saat kamu dudup daripada saat kamu berdiri. Tekanan itu akan menjadi lebih parah kalau dudukmu bungkuk di depan komputer. 40% orang yang menderita nyeri punggung disebabkan oleh duduk berjam-jam di depan komputer setiap harinya.

Leher

littlethings.com
littlethings.com

Duduk terus-menerus bisa membuat bahu dan lehermu menjadi kaku. Kalau leher sudah terganggu, tidurmu juga akan terganggu. Cairan yang menumpuk di kaki di siang hari mengalir ke leher saat malam hari. Hal ini bisa menyebabkan gangguan tidur apnea.

Jantung

littlethings.com
littlethings.com

Jantung dan seluruh sistem peredaran darah bisa terganggu karena duduk terlalu lama sepanjang hari. Duduk yang terlalu lama bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler. Apalagi jika duduk ini ditambah dengan aktivitas fisik harian yang rendah.

Pankreas

littlethings.com
littlethings.com

Pankreas juga terganggu jika terlalu lama duduk. Sel-sel di otot yang diam tidak merespon terhadap insulin. Itulah sebabnya pankreas terus memproduksi lebih banyak insulin. Hal ini bisa menyebabkan diabetes dan berbagai penyakit lainnya.

Panggul

littlethings.com
littlethings.com

Seperti punggung bagian bawah, panggul juga terganggu oleh duduk yang terlalu lama dan postur tubuh yang jelek. Duduk membuat otot di panggulmu memendek, apalagi kalau postur tubuhmu jelek atau tidak menggunakan kursi yang ergonomis. Ini bisa menyebabkan degenerasi prematur, yang jika berlanjut bisa membuatmu menderita nyeri kronis.

Kaki

littlethings.com
littlethings.com

Duduk sepanjang hari juga berakibat buruk untuk kakimu. Cairan akan menumpuk di kaki saat kamu duduk. Berjalan bisa memompakan cairan itu sebelum timbul masalah kesehatan. Selain itu, duduk untuk waktu lama bisa meningkatkan risiko terkena varises.

Kepala

littlethings.com
littlethings.com

Salah satu efek negatif duduk adalah meningkatkan risiko terkena struk. Gumpalan darah yang membentuk setelah duduk bisa mengalir ke otak dan menyebabkan struk.

Untungnya, harapan masih ada. Ada beberapa olah raga yang mudah untuk dilakukan untuk melawan dampak negatif dari duduk.

5 Olah Raga Praktis untuk Melawan Bahaya Duduk Bagi Kesehatan

Latihan 1: angkat buku

littlethings.com
littlethings.com

Angkat buku ini olah raga yang sangat mudah dan bermanfaat untuk mengalirkan darah kembali dan melawan beberapa dampak negatif dari duduk.

  1. Angkat buku sampai ke atas kepalamu
  2. Tekuk sikumu membentuk sudut 90 derajat, turunkan buku ke belakang kepalamu
  3. Tegakkan lenganmu, angkat kembali buku ke atas kepala
  4. Ulangi 10 kali

Latihan 2: putar leher

littlethings.com
littlethings.com

Putar leher adalah teknik bagus untuk melawan kakunya otot dan membuat darah mengalir kembali.

  1. Berdiri, turunkan dagu sampai menyentuh dada
  2. Perlahan, putar kepalamu ke kanan
  3. Tahan 5 hitungan
  4. Perlahan, putar kepala ke bawah, lalu ke kiri
  5. Tahan 5 hitungan
  6. Lanjutkan selama 30 detik

Latihan 3: lemaskan kaki

littlethings.com
littlethings.com

Melemaskan kaki bisa melawan dampak negatif dari duduk.

  1. Posisi duduk atau berdiri. Letakkan kakimu rata dengan lantai
  2. Naikkan jari kakimu sampai kamu merasa meregang
  3. Turunkan kakimu rata lagi
  4. Naikkan tumitmu agar terasa tekanan ke jari kaki, sampai kamu merasa meregang
  5. Turunkan kakimu rata lagi
  6. Ulangi 10 kali

Latihan 4: memutar tubuh

littlethings.com
littlethings.com

Memutar tubuh adalah latihan yang bisa kamu lakukan di kantor tanpa menarik perhatian orang-oran di sekitarmu.

  1. Posisikan kakimu di sisi kursi
  2. Putar tubuhmu agar bahu, dada, dan kepala menghadap belakkang
  3. Tahan selama 10 detik
  4. Lepaskan dan ulangi 10 kali
  5. Ulangi untuk sisi lainnya

Latihan 5: berjalan

littlethings.com
littlethings.com

Jauhkan pantatmu dari kursi dan berjalan sejenak. Kamu akan bekerja lebih efektif kalau menjadwalkan berjalan, bukan terus-menerus duduk bungkuk di depan komputer.

Begitu kamu  merutinkan berjalan, kamu akan lebih waspada, lebih berenergi, dan tidak kelelahan saat jam kerja berakhir.

Menyadari dampak negatif dari duduk adalah langkah pertama untuk membuatmu lebih sehat. Lanjutkan dengan berolah raga sesederhana 5 cara di atas untuk mengembalikan kebugaranmu.

Bagikan informasi penting ini ke keluarga dan teman-temanmu!

Tinggalkan komentar